3 Koneksi ke SMSC Untuk dapat mengirim dan menerima pesan kita harus melakukan

3 koneksi ke smsc untuk dapat mengirim dan menerima

This preview shows page 4 - 7 out of 28 pages.

3) Koneksi ke SMSC Untuk dapat mengirim dan menerima pesan, kita harus melakukan koneksi ke SMSC. Ada beberapa cara untuk melakukan koneksi ke SMSC antara lain : a) Menggunakan Terminal Baik Berupa GSM Modem atau Handphone . Cara ini adalah yang paling mudah tetapi memiliki kekurangan antara lain jumlah pesan yang dikirim permenit sangat terbatas(sekitar 6-10 pesan per menit). Untuk mengantisipasi hal ini biasanya digunakan lebih dari satu terminal. b) Koneksi Langsung ke SMSC Dengan melakukan koneksi langsung ke SMSC kita dapat mengirim pesan dalam jumlah banyak, dapat mencapai sekitar 600 SMS per menit bergantung pada kapasitas dari SMSC itu sendiri. Untuk melakukan koneksi ke SMSC diperlukan protokol pengubung. Protokol yang umum digunakan adalah UCP, SMPP, CIMD2, OIS dan TAP. Masing-masing operator GSM menyediakan tipe protokol yang berbeda-beda.
Image of page 4

Subscribe to view the full document.

JURNAL TEKNOLOGI DAN INFORMATIKA (TEKNOMATIKA) Sistem Informasi Akademik Berbasis SMS Gateway VOL. 1 NO. 1 JANUARI 2011 5 c) Menggunakan Software Bantu Saat ini banyak vendor telekomunikasi menawarkan software bantu untuk melakukan koneksi ke SMSC, dari yang bersifat freeware , open source sampai dengan komersial. Pemilihan koneksi ke SMSC biasanya disesuaikan dengan jumlah pesan SMS yang akan dikirim. 4) PDU sebagai bahasa SMS Data yang mengalir ke atau dari SMSC harus berbentuk PDU ( Protocol Data Unit ). PDU berisi bilangan-bilangan heksadesimal yang mencerminkan bahasa I/O. PDU terdiri dari beberapa header yang berbeda pada saat kirim SMS ke SMSC dengan saat SMS diterima dari SMSC. PDU untuk mengirim SMS terdiri dari dari delapan header , sebagai berikut : a) Nomor SMSC Header pertama ini terdiri dari tiga subheader, yaitu : (1) Jumlah pasangan heksadesimal SMSC dalam bilangan heksa. (2) National atau Internasional code (3) Nomor SMSC dalam pasangan heksa dibalik-balik, jika tertinggal satu angka yang tidak memiliki pasangan, angka tersebut akan dipasangkan dengan huruf F didepannya. Berikut ini adalah daftar SMSC pada beberapa operator Indonesia dan cara penulisannya: Tabel 2: Daftar SMSC b) Tipe SMS Untuk send tipe SMS = 1. Jadi bilangan heksanya adalah 01. c) Nomor Referensi SMS Nomor referensi ini diartikan 0, jadi bilangan heksanya adalah 00. Nanti akan diberikan sebuah nomor referensi otomatis oleh ponsel atau alat SMS gateway. d) Nomor ponsel penerima Sama seperti cara penulisan PDU header untuk SMSC, header ini juga terbagi atas tiga bagian, yaitu : (1) Jumlah pasangan heksadesimal nomor ponsel yang dituju dalam bilangan heksa. (2) National atau I nternational code (3) Nomor ponsel yang dituju dalam pasangan heksa dibalik-balik. e) Bentuk SMS 00 dikirim sebagai SMS, 01 dikirim sebagai telex, 02 dikirim sebagai fax . Operator GSM Nomor SMSC Format dalam PDU Satelindo 62816124 05 91 26 18 16 42 Excelcomindo 62818445009 07 91 26 18 48 54 00 F9 Telkomsel 6281100000 06 91 26 18 01 00 00 IM3 62855000000 05 91 26 58 05 00 00 F0
Image of page 5
JURNAL TEKNOLOGI DAN INFORMATIKA (TEKNOMATIKA) Sistem Informasi Akademik Berbasis SMS Gateway VOL. 1 NO. 1 JANUARI 2011 6 f) Skema encoding data I/O Yaitu skema 7 bit dan 8 bit g) Jangka waktu sebelum SMS Expired Jika bagian ini di- skip , berarti waktu berlakunya SMS tidak dibatasi, sedangkan
Image of page 6

Subscribe to view the full document.

Image of page 7
  • Summer '19
  • agus

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes