Modul Praktikum Statistika.doc

Contoh mengubah file data format excel ke dalam

This preview shows page 9 - 18 out of 40 pages.

Contoh: Mengubah file data format excel ke dalam format SPSS. Langkah-langkah Import Data: 1) Pastikan pada data excel yang akan diimport, tidak ada baris atau kolom yang tersembunyi. 2) Buka SPSS 3) Klik File > Klik Open > Klik Data 4) Pilih file yang akan diimport. Cari lokasi penyimpanan file yang akan diimport e Pilih format file yang akan dipilih dengan format Excel (*.xls, *.xlsx, *.xlsxm
Image of page 9

Subscribe to view the full document.

Page4 Maka file excel yang akan diimport akan tampil sebagai berikut: 5) Klik file excel tersebut > klik Open 6) Klik OK Maka file excel yang sudah berhasil diimport ke dalam format SPSS seperti gambar berikut:
Image of page 10
Page4 EXPORT DATABASE Fungsi dari Export Database adalah untuk mengubah file data dari format SPSS ke format lainnya. Contoh: Mengubah file data format SPSS ke dalam format excel. Langkah-langkah Export Data: 1) Buka SPSS. 2) Siapkan data yang akan diexport pada SPSS. 3) Klik File > Klik Save as
Image of page 11

Subscribe to view the full document.

Page4 Maka tampilan akan menjadi sebagai berikut Pilih lokasi penyimpanan file Pilih jenis format file yang akan diexport. Contoh: File SPSS akan diubah menjadi file excel 2007 maka pilih format Excel 2007 through 2010 4) Klik Save Maka file SPSS yang sudah berhasil diexport dapat dicek ke lokasi penyimpanan yang sudah dipilih dan hasilnya akan tampil seperti gambar berikut:
Image of page 12
Page4
Image of page 13

Subscribe to view the full document.

Page4 III. INSERT VARIABLES DAN CASES INSERT VARIABLE Fungsi dari Insert Variabel adalah untuk menambahkan atau menyisipkan variabel baru (kolom baru) pada file SPSS sesuai kebutuhan. Untuk menambahkan atau menyisipkan variabel baru (kolom baru) dapat dilakukan dengan 2 (dua) cara. INSERT VARIABLE Contoh: Pada file awal terlihat terdapat variabel KECAMATAN dan variabel PROVINSI. Misal yang ingin dilakukan adalah menambahkan atau menyisipkan variabel KABUPATEN diantara variabel KECAMATAN dan variabel PROVINSI. Maka langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut: 1) Klik pada variabel PROVINSI dan pada kolom PROVINSI akan disort kebawah.
Image of page 14
Page4 2) Klik menu Edit pada menu SPSS dan klik Insert Variable Maka variabel baru (VAR00001) akan tampil seperti gambar berikut: 3) Kemudian untuk mengganti nama VAR00001 menjadi KABUPATEN pilih Variable View.
Image of page 15

Subscribe to view the full document.

Page4 Maka tampilan akan menjadi sebagai berikut: Dapat terlihat variabel baru (VAR00001) pada nomor urut 11. 4) Kemudian klik 2 kali pada VAR00001 untuk mengganti nama variabel menjadi KABUPATEN. 5) Setelah mengganti nama variabel menjadi KABUPATEN kemudian Klik Data View.
Image of page 16
Page4 Maka pada Data View sudah terlihat penambahan variabel KABUPATEN diantara variabel KECAMATAN dan variabel PROVINSI.
Image of page 17

Subscribe to view the full document.

Page4 IV. COMPUTE DATA Transformasi Compute akan menciptakan variabel baru atau memodifikasi nilai-nilai variabel untuk setiap case. Variabel baru tersebut akan menampung hasil dari proses computer yang diberikan seperti pemakaian fungsi maupun operasi matematik lainnya.Transformasi yang dilakukan dengan Compute adalah transformasi untuk data yang bertipe numeric dan string. Untuk melakukan compute data menu yang digunakan adalah menu Compute Variable pada menuTransform dari menu bar di bagian atas. Kotak dialog Compute variable terlihat seperti gambar berikut ini (Gambar I) (Gambar I. Kotak dialog Compute Variable) Adapun keterangan dari masing-masing menu dapat didefinisikan sebagai berikut: 1.
Image of page 18
You've reached the end of this preview.
  • Spring '15
  • Rika Fatimah

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern