Kejadian event terdiri dari dua jenis 1 kejadian

This preview shows page 4 - 6 out of 7 pages.

Kejadian (event) terdiri dari dua jenis : (1). Kejadian ekstrenal yang melibatkan interaksi antara entitas dengan lingkungannya. (2) Kejadian internal yeng terjadi dalam entitas perusahaan.Transaksi sebagai salah satu jenis kejadian eksternal ,bisa berupa pertukaran dimana kedua entitas saling menerima dan menyerahkan sesuatu yang memiliki nilai. 2. Pembuatan Jurnal Berbagai transaksi unsur kejadian mempengaruhi berbagai bisnis dasar dikategorikan dan dikumpulkan dalam akun. Buku Besar umum (general ledger) adalah kumpulan dari semua akun. Setiap transaksi di catat dalam jurnal pada akun akun tertentu. Hal ini dinamakan jurnal umum. 3. Pemindahbukuan(posting) Prosedur posting dari jurnal kea kun buku besar adalah; 1. dalam buku besar catat lah tanggal,halaman jurnal , dan jumlah debet yang tertera pada jurnal ke kolom yang tepat untuk akun yang di debet. 2. Pada kolom referensi jurnal, tulislah nomor akun atas jumlah debet yang diposting 3. Dalam buku besar,catatlah tanggal,halaman jurnal, dan jumlah kredit yang tertera pada jurnal ke kolom yang tepat untuk akun yang dikreditkan. 4. Pada kolom referensi jurnal, tulislah nomor akun atas jumlah kredit yang di posting.
Image of page 4
4. Neraca saldo Neraca saldo adalah daftar akun beserta saldonya pada suatu waktu tertentu. Biasanya neraca saldo di buat pada akhir periode. Tujuan utama dari neraca saldo adalah untuk membuktikan kesamaan metematis dari debet dan kredit setelah posting dilakukan. Neraca saldo juga berguna untuk mendeteksi kesalahan dalam pembuatan ayat jurnal dan posting. 5. Ayat Jurnal Penyesuian Penggunaan ayat jurnal penyesuaian dakan memungkinkan perusahaan melaporkan aktiva, kewajiban, dan ekuitas pemilik yang akurat pada tanggal neraca di buat. Beberapa hal yang membuat neraca tidak menjadi update : 1. Beberapa kejadian tidak di jurnal secara harian karena tidak efektif. 2. Beberapa biaya tidak di jurnal selama periode akuntansi karena biiaya ini akan jatuh tempo seiring jalannya waktu. 3. Beberapa item mungkin belum di catat. Jenis – jenis ayat jurnal penyesuian: 1. Ayat jurnal untuk pembayaran di muka 2. Ayat jurnal penyesuian untuk akrual 6. Neraca saldo yang sudah di sesuaikan Semua ayat jurnal penyesuaian dibuat dab di posting , neraca saldo selanjutnya dibuat dari akun akun buku besar. Neraca saldo ini dinamakan dengan neraca saldo yang telah di sesuaikan. Tujuan neraca saldo yang telah disesuaikan adalah untuk memperlihatkan pengaruh
Image of page 5

Want to read all 7 pages?

Image of page 6

Want to read all 7 pages?

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 7 pages?

  • Summer '16
  • OTOT
  • SKRIPSI

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern