Financial Insolvency ketidak mampuan memenuhi kewajiban kewajiban keuangan

Financial insolvency ketidak mampuan memenuhi

This preview shows page 7 - 9 out of 16 pages.

Financial Insolvency (ketidak mampuan memenuhi kewajiban – kewajiban keuangan jangka panjang). Jadi, resiko keuangan yang berhubungan dengan pinjaman seharusnya dianalisis berdasarkan atas kemampuan perusahaan untuk memenuhi beban tetapnya. Analisis kemampuan arus dana dalam memenuhi kewajibannya dapat dihitung dengan menggunakan rumus sebagai berikut : 1. Kelipatan Pembayaran Bunga ( Times Interest Earned ) ¿ Interest Earned = EBIT BungaPinjaman x 1 time 2. Liputan Servis Pinjaman ( Debt Service Coverage ) Debt ServiceCoverage = EBIT Bunga + Pembayaran cicilan 1 t x 1 time Dalam kedua rasio di atas tidak ada aturan pasti yang menyatakan suatu ratio yang baik dan buruk. Kedua ratio liputan tersebut bervariasi menurut risiko bisnis dari perusahaan. Untuk melakukan analisis kondisi perusahaan dan sudut kemampuan perusahaan membayar kewajibannya dapat dilakukan dengan melakukan analisis sebagai berikut : 1. Ratio liputan harus dibandingkan dengan ratio periode sebelumnya dab ekspetasi rasio yang akan datang dari perusahaan yang sama (dan ini dinamakan trend analisis), maksudnya adalah untuk menentukan apakah terjadi perbaikan atau penurunan dalam rasio selama kurun waktu tertentu. 2. Membandingkan rasio lipuran dari dua perusahaan atas industry sejenis. Maksudnya untuk mengisolasikan resiko bisnis secermat mungkin dengan membandingkan perusahaan yang sama. Dengan sarana kebijakan di atas pimpinan perusahaan dapat membuat generalisasi mengenai jumlah pinjaman yang seauai bagi perusahaan dalam struktur modalnya. Dalam jangka panjang kemampuan mensevis pinjaman bagi perusahaan yang sehat sangat bergantung pada faktor pendapatan. Karena itu ratio liputan merupakan sarana analisis yang penting, disamping itu merupakan alat 4
Image of page 7

Subscribe to view the full document.

analisis pimpinan untuk menyimpulkan struktur modal yang tepat, rasio liputan mengandung keterbatasn oleh karena itu tak dapat digunakan sebagai satu-satunya sarana analisis dalam menentukan struktur modal. 2.3. Analisis Kecukupan Dana Masalah penting bagi perusahaan bukan saja turunnya coverage ratio/ratio liputan tetapi kemungkinan terjadinya cash insolvency tergantung pada apakah semua sumber pembayran seperti dana tunai, sumber pinjaman baru tatau penjualan aset secara keseluruhan mencukupi atau tidak untuk memperkirakan terjadinya cash insolvency . Oleh karena itu, perusahaan perlu menganalisis kemungkinan ketidak mampuan memenuhi kewajiban pembayaran kas, sehingga perusahaan bias mengetahui seberapa besar deviasi (penyimpangan) aliran kas yang sebenarnya dari aliran kas yang diharapkan. Dengan memperhitungkan kemungkinan ketidak mampuan perusahaan memenuhi kewajiban akan menentukan seberapa besa beban tetap dan utang yang bias ditanggung, sehingga manajemen dapat mempertahankan keamanan keuangan yang masih bisa diterima oleh perusahaan. Untuk itu perusahaan harus mempunyai informasi mengenai seberapa jauh penyimpangan cash flow sebenarnya daru yang diharapkan.
Image of page 8
Image of page 9
  • Fall '16

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes