Untuk menjaga efektivitas pembiayaan infrastruktur diperlukan reformasi di

Untuk menjaga efektivitas pembiayaan infrastruktur

This preview shows page 45 - 48 out of 51 pages.

Untuk menjaga efektivitas pembiayaan infrastruktur, diperlukan reformasi di bidang organisasi pengelolaan jalan. Mungkin bisa dibentuk semacam Otoritas Pengelolaan Jalan Pantura dengan format mirip Jasa Marga sehingga kelemahan pembangunan, seperti ketergantungan pada siklus anggaran dan kurangnya akuntabilitas, dapat dikurangi. Diyakini, pemerintah bisa berbuat lebih banyak guna meningkatkan dorongan yang lebih besar bagi perekonomian. Caranya, dengan memacu pembangunan infrastruktur lebih cepat lagi. Cyrillus Harinowo Hadiwerdoyo, Pemerhati Ekonomi Sumber: Kompas, 10 Agustus 2009
Image of page 45
Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 324 ROWLAND B. F. PASARIBU APBN DALAM PENYELAMATAN DAN PEMBANGUNAN EKONOMI Oleh: Dr Sri Adiningsih Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) merupakan salah satu instrumen yang dimiliki oleh pemerintah untuk memengaruhi dan mengatur ekonomi memegang peranan yang penting. Sebagai salah satu negara sedang berkembang,di mana tingkat pendapatan per kapitanya rendah, dengan menggunakan produk domestik bruto (PDB) per kapita PPP dari Bank Dunia, Indonesia berada pada peringkat 106 dari 166 negara (USD3.975) pada tahun 2008, di bawah Sri Lanka, Fiji, Vanuatu, Samoa, Namibia, ataupun Mesir. Apalagi jika dibandingkan dengan Thailand yang berada peringkat 81,Malaysia 48, ataupun Singapura nomor 3, bangsa Indonesia jelas jauh tertinggal. Memang, Indonesia bisa berbangga diri berada pada peringkat 29 dari nilai pengeluaran pemerintah di dunia pada 2007 berdasarkan data CIA World Factbook. Namun, tingkat pengangguran (15,4%) dan kemiskinan (8,1%) masih tinggi meskipun sudah banyak didukung dengan kebijakan penanggulangan kemiskinan yang besar. Sementara itu penciptaan lapangan kerja mayoritas adalah pada sektor informal. Oleh karena itu masalah yang harus diselesaikan oleh Indonesia masih cukup banyak. Apalagi kalau kita ingin mengatasi ketertinggalan kita dari bangsa tetangga. RAPBN tahun 2010 yang penjelasannya dibacakan oleh Presiden pada 3 Agustus yang lalu memiliki peranan yang penting dalam maju mundurnya ekonomi ke depan.Apalagi tahun 2010 adalah tahun yang istimewa karena akan ada pemerintah dengan tim ekonomi serta anggota Dewan yang baru. Selain itu AFTA akan diimplementasikan secara penuh, berarti secara umum barangbarang olahan sudah tidak ada hambatan lagi di ASEAN, bahkan pada tingkat tertentu juga dengan China ataupun Korea dan Jepang. Oleh karena itu tantangan yang dihadapi oleh ekonomi Indonesia semakin berat meskipun kesempatannya juga semakin luas.Berita baiknya adalah bahwa ekonomi Asia sudah mulai menggeliat. Bahkan beberapa mulai bangkit seperti China, Korea Selatan, dan Singapura di mana pada kuartal 2 tahun ini ekonominya bangkit, tumbuh lebih dari 10% dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Karena itu ekonomi Asia tampaknya sudah dalam proses pemulihan pada tahun ini. Demikian juga diyakini bahwa ekonomi dunia pada 2010 sudah mulai ke arah pemulihan.
Image of page 46
Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 325 ROWLAND B. F. PASARIBU Oleh karena itu faktor eksternal tampaknya tidak akan terlalu buruk pada tahun depan.
Image of page 47
Image of page 48

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 51 pages?

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes