Pembagian kepala badan dan kaki pada arsitektur candi

This preview shows page 17 - 19 out of 54 pages.

Pembagian kepala, badan dan kaki pada arsitektur Candi Skala perbandingan terhadap kepala-badan-kaki sebagai analogi bentuk badan manusia pada pembagian bentuk badan banguna pada candi dikomposisikan untuk menimbulkan kesan stabil dan simetri baik dalam bentukan denah maupun pada tampak bangunan candi. Kesan ini dapat dilihat pada komposisi : a) kaki yang terlihat dominasi lebar terhadap tingginya karena bagian kaki berfungsi sebagai landasan, b) badan yang memeperlihatkan skala yang mengecil terhadap lebarnya, c) kepala yang memiliki kesan vertikalis yang pada akhirnya mengecil menuju satu titik untuk memberikan pengakhiran. Tabel 2.2. Gambar bangunan candi Gambar 2.2. Perbandingan Candi Tipe Menara Sumber : Rahadian (2014) Gambar 2.3. Siluet bentuk segitiga pada candi Sumber : Rahadian (2014) Gambar 2.4. Pembagian kepala, badan dan kaki bangunan candi Sumber : Rahadian (2014) Pengertian Masjid Masjid atau mesjid adalah rumah tempat ibadah umat Muslim. Masjid artinya tempat sujud, dan mesjid berukuran kecil juga disebut musholla, langgar atau surau. Selain tempat ibadah masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Mesjid diartikan sebagai tempat dimana saja untuk bersembahyang orang muslim, seperti sabda Nabi Muhammad Saw.: “Di manapun engkau bersembahyang tempat itulah mesjid”.
Image of page 17

Subscribe to view the full document.

13 Kata mesjid berasal dari kata sajada -sujud, yang berarti patuh, taat, serta tunduk penuh hormat dan takzim . Sujud syariat yaitu berlutut, meletakkan dahi, kedua tangan ke tanah adalah bentuk nyata dari arti kata tersebut diatas” (Pevsner , 1975). Berdasarkan kategori tempat shalat itu, dapat dikategorikan kepada ; masjid, langgar dan musholla. Elemen-elemen masjid Sebuah bangunan pasti memiliki bagian-bagian mendasar yang membentuknya menjadi satu kesatuan yang utuh sebagai massa bangunan, diantaranya ruang dalam dan ruang luar. Bangunan masjid memiliki bagian-bagian mendasar yang membuat sebuah bangunan dapat dikatakan sebagai masjid, yaitu : a) masjid memiliki ruang untuk jamaah berkumpul dan bersembahyang, b) tempat tersebut memiliki arah orientasi ke Ka’bah yang biasanya ditandai dengan keberadaan Mihrab. Ruang dalam dan ornamen Kubah atau dome dibagian dalam ruang masjid adalah suatu konsep untuk menciptakan suasana sakral serta perasaan diri yang sangat kecil dihadapan Khalik tanpa dipenuhi hiasan dunia yang glamour yang jauh dari menimbulkan rasa sakral. Bentuk persegi akan membuat ruang-ruang yang terbentuk dapat dimanfaatkan seluruhnya, sedangkan denah yang berbentuk sudut-sudut tertentu (lancip) akan membuat ruangan banyak yang terbuang. (4). Teori archetype Arche-type merupakan istilah yang dikemukakan oleh Carl Jung seorang pakar psikologi yang berarti imaji atau citra tipe yang paling mendasar yang diperoleh dari kesadaran kolektif manusia. Evensen, seorang pakar arsitektur yang mencoba menerapkannya dalam arsitektur, sehingga berdasar pada uraian di atas, penelusuran aspek bentuk akan dilandaskan pada pendekatan architectural archetypes karena penelitian ini berusaha untuk mengungkap makna yang berada dibelakang setiap bentuk. Bentuk-bentuk
Image of page 18
Image of page 19
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes