Sementara pada perusahaan defender yang lebih

This preview shows page 82 - 85 out of 109 pages.

Sementara pada perusahaan defender yang lebih menekankan efisiensi cenderung berada pada fase kematangan, sehingga pengontrolan biayanya lebih ketat. Hasil penelitian ini juga berhasil mendukung penelitian Anthony dan Ramesh (1992) dalam Habbe dan Hartono (2001) yang mengungkapkan bahwa pertumbuhan penjualan lebih tinggi pada fase pertumbuhan dibandingkan pada fase kematangan. Sementara Habbe dan Hartono (2001) juga menyatakan bahwa perusahaan prospector mempunyai karakter pertumbuhan penjualan dan peningkatan pangsa pasarnya melalui inovasi produk baru yang berbeda dengan para pesaingnya.
Image of page 82
70 Karakter dari perusahaan prospector adalah penciptaan produk baru sehingga menjadikan perusahaan tersebut lebih sering berada pada tahap pertumbuhan dalam product life cycle . Berbeda halnya dengan perusahaan bertipe defender yang menekankan efisiensi lebih cenderung pada tahap kematangan, karena pada tahap ini biaya dapat dikontrol sehingga pada tahap ini terjadi persaingan yang ketat, sehingga dapat disimpulkan pertumbuhan penjualan perusahaan bertipologi prospector lebih besar daripada perusahaan bertipologi defender . 4.4.3 Hipotesis H 3 Hipotesis ketiga menyatakan bahwa rata-rata dividend payout (DP) perusahaan prospector lebih kecil daripada perusahaan defender . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan yang bertipologi prospector dan perusahaan yang bertipologi defender dalam hal tumbuh dan reinvestasi adalah berbeda secara signifikan dalam hal membagikan dividen kepada investor. Hasil empiris ini berhasil mendukung temuan dari Anthony dan Ramesh (1992) dalam Habbe dan Hartono (2001) dalam penggunaan kriteria dividend payout sebagai prediktor dalam pengklasifikasian life cycle perusahaan. Hal yang dapat dijelaskan atas signifikannya variabel dividend payout ini adalah perusahaan yang masih berada pada fase pertumbuhan akan membagikan dividen relatif kecil, kemudian akan membesar pada fase kematangan. Selain itu, dividen membesar pada fase kematangan dan penurunan dikarenakan pada fase perkenalan dan pertumbuhan, perusahaan masih fokus
Image of page 83
71 tentang bagaimana caranya menaikkan laba dan likuiditas serta penjualan, sehingga perusahaan belum berusaha untuk memikirkan bagaimana perusahaan membagikan deviden. Sedangkan pada fase kematangan dan penurunan, perusahaan sudah harus mengetahui seberapa besar laba yang dibagikan oleh perusahaan kepada penanam modal. Berdasarkan hasil temuan tersebut maka H 3 berhasil diterima. 4.4.4 Hipotesis H 4 Hipotesis keempat menyatakan bahwa rata-rata return on investment (ROI) perusahaan prospector lebih kecil daripada perusahaan defender. Hasil ini tidak berhasil mendukung temuan Anderson dan Zeithaml (1984) menyatakan pada fase perkenalan dan pertumbuhan, perusahaan masih berada pada tahap membangun ( build ) yang masih terus melakukan investasi. Sedangkan pada fase kematangan dan penurunan yaitu perusahaan defender mempunyai ROI yang lebih besar, kerena pada fase kematangan dan penurunan perusahaan sudah pada tahap memanen ( harvest ).
Image of page 84
Image of page 85

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 109 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors