Pertama membayar deviden kepada pemegang saham kedua

This preview shows page 17 - 20 out of 23 pages.

pilihan dalam memperlakukan kas. Pertama, membayar deviden kepada pemegang saham. Kedua, menginvestasikan pada aset-aset tetap. Perusahaan yang memiliki arus kas bebas yang baik dan terus meningkat akan memberikan nilai bagi perusahaan karena investor yakin bahwa perusahaan mampu memenuhi kewajibannya kepada investor. Hal ini mendorong minat investor untuk menginvestasikan sahamnya. Semakin besar arus kas bebas yang terdapat dalam suatu perusahaan maka semakin tinggi nilai perusahaan Ni Wayan Lady Andini dan Ni Gusti Putu Wirawati (2013: 117).
27 Selain arus kas bebas, indikator yang sering diamati oleh investor adalah rasio profitabilitas. Rasio profitabilitas yang sering digunakan dalam suatu perusahaan yaitu tingkat pengembalian aktiva (ROA). Menurut Farah Margaretha (2011: 26), Return on total asset (ROA) menunjukkan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba atas aktiva yang digunakan. ROA yang tinggi menunjukkan fundamental keuangan perusahaan yang baik sehingga memberikan sinyal positif bagi investor dan akan berdampak pada meningkatnya nilai perusahaan. Semakin tinggi kemampuan seluruh aktiva untuk menghasilkan keuntungan bagi perusahaan maka semakin tinggi nilai perusahaan Rindu Rika Gamayuni (2012: 131). Keown et al (diterjemahkan oleh Chaerul D. Djakman dan Dwi Sulistyorini, 2000: 849) menyatakan bahwa : “Nilai dari suatu perusahaan bergantung tidak hanya pada kemampuan menghasilkan arus kas, tetapi juga bergantung pada karakteristik operasional dan keuangan dari perusahaan.” Ini berarti jika arus kas bebas dan tingkat pengembalian aktiva meningkat, maka nilai perusahaan juga akan meningkat. 2.2.1 Hubungan Arus Kas Bebas dengan Nilai Perusahaan Arus kas bebas merupakan kas yang secara aktual tersedia bagi investor. Secara khusus nilai dari operasi perusahaan bergantung pada arus kas bebas yang diharapkan terjadi (Agus Sartono, 2001: 101). Ini berarti peningkatan nilai arus kas bebas akan mendorong peningkatan nilai perusahaan.
28 Hasil penelitian yang dilakukan oleh Ni Wayan Lady Andini dan Ni Gusti Putu Wirawati (2013) menunjukkan bahwa arus kas bebas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Semakin besar arus kas bebas yang terdapat dalam suatu perusahaan maka semakin tinggi nilai perusahaan. Arus Kas Bebas ternyata terbukti berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Oleh karena itu, investor perlu mempertimbangkan Arus Kas Bebas dalam menginvestasikan sahamnya. 2.2.2 Hubungan Tingkat Pengembalian Aktiva dengan Nilai Perusahaan ROA menjadi informasi yang penting bagi investor karena rasio ini menggambarkan laba bersih yang didapatkan dari keseluruhan aktiva yang dimiliki perusahaan. Peningkatan rasio ini menunjukkan kinerja perusahaan yang semakin baik dan prospek perusahaan yang semakin baik pula. Perusahaan yang memiliki prospek baik sangat disukai oleh investor karena dianggap akan memberikan return yang baik sehingga investor menangkap peningkatan ROA sebagai sinyal positif yang mampu meningkatkan nilai perusahaan. Semakin tinggi ROA maka semakin tinggi nilai perusahaan.

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture