Kim langfield dan smith 1997 dalam juanda 2008

This preview shows page 49 - 52 out of 109 pages.

Kim Langfield dan Smith (1997) dalam Juanda (2008) menyatakan bahwa sistem perencanaan dan pengendalian yang lebih terperinci pada strategi defender yang menekankan pada pengurangan uncertainty , menekankan pada problem solving , tapi tidak mampu mendukung pengembangan produk baru atau penempatan peluang pasar. Fokusnya pada aspek keuangan dan produksi yang mementingkan penggunaan teknologi secara efisien. Sistem pengendalian berbentuk sentralisasi yang sangat mengandalkan pengendalian feedforward . Pengendalian dicapai melalui penciptaan peran kerja terspesialisasi, diskripsi tugas formal dan prosedur operasi standar. Selain itu dicirikan pula oleh kombinasi urut-urutan yang sederhana antar subunit, operasi yang berulang-ulang, keputusan rutin dan lingkungan yang stabil dalam rangka membantu pola kerja sama yang baik.
Image of page 49
37 Perusahaan bertipe prospector yang mempunyai intensitas lebih besar pada fase pertumbuhan dalam product life cycle mempunyai kemampuan untuk menciptakan margin dan pertumbuhan laba yang lebih tinggi. Pendapat ini cukup beralasan karena dalam fase pertumbuhan, produk baru yang dikeluarkan oleh perusahaan balum mempunyai saingan dalam jangka pendek, lebih dominan pada aspek deferensiasi sehingga pproduk dapat dijual dengan harga yang lebih tinggi. Pada perusahaan bertipe defender pada fase kematangan memiliki intensitas yang lebih tinggi sehingga memperoleh margin dan pertumbuhan laba yang relatif lebih rendah. Hal ini disebabkan karena perusahaan defender mempunyai domainnya yaitu harus mampu bersaing dengan persaingan yang ketat ( cost advantage ). Berdasarkan uraian tersebut dirumuskan hipotesis: H1 : Rata-rata pertumbuhan laba perusahaan prospector lebih besar daripada rata-rata pertumbuhan laba perusahaan defender . 2.3.2 Pertumbuhan Penjualan antara Perusahaan Prospector dan Defender Miles dan Snow (1978) dalam Saraswati dan Atmini (2007) menyatakan bahwa perusahaan prospector mempunyai karakter pengejaran pertumbuhan penjualan dan peningkatan pasar melalui inovasi-inovasi produk baru. Karakter penciptaan produk baru ini menjadikan perusahaan prospector intensitasnya lebih besar pada fase pertumbuhan dalam product life cycle. Sementara pada perusahaan defender yang lebih menekankan efisiensi cenderung berada pada fase kematangan, sehingga pengontrolan biayanya lebih ketat.
Image of page 50
38 Berkaitan dengan siklus hidup perusahaan, Anthony dan Ramesh (1992) dalam Habbe dan Hartono (2001) mengungkapkan bahwa pertumbuhan penjualan lebih tinggi pada fase pertumbuhan dibandingkan pada fase kematangan. Sementara Habbe dan Hartono (2001) menyatakan bahwa perusahaan prospector mempunyai karakter pertumbuhan penjualan dan peningkatan pangsa pasarnya melalui inovasi produk baru yang berbeda dengan para pesaingnya. Karakter dari perusahaan prospector adalah penciptaan produk baru sehingga menjadikan perusahaan tersebut lebih sering berada pada tahap pertumbuhan dalam product life cycle . Berbeda halnya dengan perusahaan bertipe defender yang menekankan efisiensi lebih cenderung pada tahap kematangan,
Image of page 51
Image of page 52

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 109 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors