Tidak ada atau tidak dirancang dengan baik defisiensi

This preview shows page 75 - 78 out of 154 pages.

tidak ada atau tidak dirancang dengan baik. Defisiensi operasi terjadi jika pengendalian yang dirancang dengan baik tidak berjalan seperti yang dirancang, atau jika orang melaksanakan
Image of page 75
LEARDO ARLES DOCUMENT 2014 76 pengendalian tidak memiliki kualifikasi atau kewenangan yang memadai. b. Defisiensi yang signifikan. Defisiensi yang signifikan(significant deficiency) terjadi jika ada satu atau lebih defisiensi pengendalian yang mengakibatkan kemungkinannya lebih dari kecil bahwa salah saji yang lebih dari tidak logis tidak akan tercegah atau terdeteksi.Jika auditor menyimpulkan bahwa satu lebih defisiensi pengendalian untuk tujuan khusus tidak melapaui tingkat lebih dari kecil atau tidak logis, defisiensi itu dapat diabaikan. c. Kelemahan yang material. Kelemahan (material weakness ) terjadi jika defisiensi yang signifikan, secara mandiri atau bersama-sama dengan defisiensi yang signifikan lainnya, mengakibatkan kemungkinannya lebih kecil bahwa pengendalian internal tidak akan mencegah atau mendeteksi salah saji yang material dalam laporan keuangan. Terdapat tiga alasan utama auditor melakukan audit planning 1. Mendapatkan bukti yang tepat terhadap situasi yang dihadapi 2. Menjaga biaya audit agar tetap wajar 3. Menghindari kesalahpahaman klien Cara kerja audit ada empat cara: 1. Menerima klien dan melakukan perencanaan audit awal 2. Memahami bisnis dan industry klien 3. Menilai risiko bisnis klien 4. Melaksanakan prosedur analitis terlebih dahulu Jenis-jenis pendapat auditor: 1. Pendapat wajar tanpa pengecualian 2. Pendapat wajar tanpa pengecualian dengan bahasa penjelasan yang ditambahkan dalam laporan audit bentuk baku 3. Pendapat wajar dengan pengecualian 4. Pendapat tidak wajar 5. Tidak memberikan pendapat D. AUDIT KECURANGAN Dalam konteks kecurangan atas laporan keuangan, kecurangan didefinisikan sebagai salah saji dalam laporan keuangan yang dilakukan dengan sengaja. Jenis jenis kecurangan adalah : 1. Kecurangan dalam laporan keuangan Kecurangan dalam laporan keuangan merupakan salah saji atau penghapusan terhadap jumlah ataupun pengungkapan yang sengaja dilakukan dengan tujuan untuk mengelabui para penggunanya. Beberapa contoh kecurang dalam laporan keuangan ini antara lain melebihsajikan pendapatan, apakah dengan cara melebihsajikan asset dan pendapatan atau dengan menghapus liabiltis dan beban-beban, mengurangsajikan laba, mengurangsajikan pendapatan ketika laba perusahaan tinggi untuk menciptakan cadangan laba atau sebagai “celengan”, yang dapat digunakan untuk menaikkan laba dikemudian hari. Praktek semacam ini dikenal dengan perataan laba dan manajemen laba. Meskipun jarang ditemukan, beberapa kasus penting terkait
Image of page 76
LEARDO ARLES DOCUMENT 2014 77 kecurangan dalam laporan keuangan melibatkan pengungkapan yang tidak memadai.
Image of page 77
Image of page 78

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 154 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors