mengetahui secara percis penjualan kentangnya karena jumlahnya kecil dan

Mengetahui secara percis penjualan kentangnya karena

This preview shows page 26 - 28 out of 50 pages.

mengetahui secara percis penjualan kentangnya karena jumlahnya kecil dan termasuk dalam kelompok sayuran dan bumbu dapur. Varietas yang dijual sebagian besar adalah Granola. Hero supermarket di Surabaya juga menjual varietas lain seperti Herta and kentang merah (kemungkinan Red Pontiac atau Desiree), and Hero di Bandung menyatakan menjual Kentuky and Test (Marita). Hero Surabaya pernah mengimpor kentang kentuky dari Australia and Metro pernah mengimpot Test (Marita). Atribut yang disukai adalah ukuran yang besar; Metro manajer menyatakan ukuran yang sedang. Diperkirakan yang besar adalah mutu A dan sedang mutu B. Atribut lain yang jga dikemukakan adalah tahan lama, bersih dan empuk dagingnya. Alasan umum yang dikemukakan adalah disukai konsumen. Supermaket umumnya tidak melakukan grading karena suplier sudah melakukannya dan mereka hanya memesan grade tertentu. Meskipun di beberapa supermarket dipisahkan antara ukuran yang besar (diperkirakan mutu AB) dan yang kecil (mutu C). Kemasan yang digunakan adalah kantung plastik. kentang di supermarket ada yang disajikan dalam bentuk curah, dapula yang sudah dikemas dalam kemasan tertentu 1.5 atau 2 kg. EKONOMI MIKRO Page 26
Image of page 26
Variasi permintaan tidak begitu kelihatan. Beberapa manajer supermarket menyatakan tidak ada variasi. Beberapa menyatakan permintaan biasanya meningkat pada bulan puasa, lebaran, natal, dan hari libur. Manajer supermarket selama ini merasa puas dalam membeli kentang dan sedikit keluhan yang disampaikan antara lain kentang yang basah dan mudah busuk. Sementara dalam pemasaran masalah yang mereka temui adalh tingginya harga beli, penjualan yang kecil, kualitas yang tidak seragam, tidak bersih, dan kesulitan mendapatkan varietas tertentu seperti Herta . Saran yang mereka kemukakan adalah penurunan harga, peningkatan kualitas dan kebersihan. 2.5 Pengertian Elastisitas Elastisitas adalah derajat kepekaan suatu gejala ekonomi terhadap perubahan gejala ekonomi lainnya. Dengan kata lain elastisitas merupakan tingkat kepekaan perubahan jumlah (kuantitas) suatu barang yang disebabkan oleh adanya perubahan dari faktor-faktor lain. Untuk mengukur derajat kepekaan, ukuran yang digunakan adalah rasio/perbandinganpersentase perubahan kuantitas barang, baik yang diminta atau barang yang ditawarkan dilihat dari persentase perubahan faktor-faktor yang menyebabkan kuantitas barang itu berubah. Penyebab perubahan pada kuantitas barang baik yang diminta atau ditawarkan bisa kita bedakan menjadi 3 (tiga) yaitu: 1. Harga barang itu sendiri 2. Harga barang lain 3. Income atau pendapatan. apabila kita kaitkan dengan penyebab diatas, maka kita akan mengetahui 3 (tiga) macam elastisitas pula, yaitu: 1. Elastisitas Harga (Price Elasticity), dihitung dengan menggunakan persentase perubahan harga barang untuk melihat tentang rasio/perbandingan persentase perubahan kuantitas barang yang diminta atau ditawarkan.
Image of page 27
Image of page 28

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 50 pages?

  • Spring '17

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors