Lebih field yang akan menjadi kunci utama untuk tabel

This preview shows page 6 - 8 out of 13 pages.

lebih field yang akan menjadi kunci utama untuk tabel itu, kunci utama itu biasa disebut sebagai key , key itu sendiri bisa berupa Primary atau Foreign Key . Database Relasional mencantumkan aturan-aturan dalam menyimpan data kedalam tabel, yaitu: a. Tidak dimungkinkan adanya sebuah data atau key yang sama yang nantinya akan menyebabkan timbulnya duplicate data untuk sebuah record . b. Replicate (berulang) data juga sangat dihindari. Tabel-tabel yang terbentuk yang terdiri dari key-key yang ada dapat saling berhubungan dengan membentuk sebuah relationship atau hubungan antartabel, sehingga keterkaitan antar tabel dapat terlihat. Database relational sebenarnya dibuat untuk menghindari penyimpangan-penyimpangan dalam aturan-aturan menyimpan data ke dalam sebuah database. Konsep dari suatu struktur basis data yang terdiri atas tabel-tabel di mana relasi terbentuk secara implicit dengan mencocokkan nilai-nilai dalam field data yang sama, akan mudah untuk dipergunakan dan dipahami. I. MEMBUAT BASIS DATA a. Menentukan Kebutuhan Data Terdapat dua pendekatan yang dapat digunakan dalam menentukan data yang perlu dikumpulkan dan disimpan: i. Pendekatan yang berorientasi pada proses ( process oriented ) Pendekatan ini juga disebut pendekatan yang berorientasi pada masalah ( problem- oriented approach ) dan pemodelan yang berorientasi pada proses ( process-oriented approach ). Masalah dalam hal ini dapat baik atau buruk, atau dapat menjadi ancaman bagi perusahaan atau menjadi peluang untuk dieksploitasi. Kekuatan dari pendekatan ini adalah dapat mengatasi masalah dengan baik. Pendekatan ini menggunakan urutan langkah berikut ini: a. Mendefinisikan masalah b. Mengidentifikasikan keputusan yang dibutuhkan c. Menjabarkan keputusan informasi d. Menentukan pemrosesan yang dibutuhkan e. Menentukan spesifikasi kebutuhan data ii. Pendekatan pemodelan perusahaan ( enterprise modeling approach ) Kekuatan pendekatan ini adalah bahwa ia mengambil keuntungan dari sudut pandang sumber daya data perusahaan yang luas. Semua area diperhitungkan, dan sinergi sumber daya data antara area-area bisnis juga akan dapat ditingkatkan. 6
Image of page 6

Subscribe to view the full document.

Kelemahan pendekatan ini adalah kesulitan dalam mengaitkan data dari suatu masalah bisnis ke data dari masalah bisnis lainnya. Sistem informasi tidak dapat dengan mudah membagi data jika mereka terisolasi dari sistem informasi lain yang berhubungan dengan masalah bisnis lainnya. Kelemahan tersebut dapat diatasi dengan menentukan seluruh kebutuhan data perusahaan dan kemudian menyimpan data tersebut dalam basis data. Jika perusahaan melakukan pemodelan data perusahaan, deskripsi dari seluruh data perusahaan disebut sebagai model data perusahaan ( enterprise data model ). Figur 6.8. membuat sebuah model pada perusahaan. b. Teknik-Teknik Pemodelan Data Terdapat sejumlah teknik, namun dalam pembahasan ini akan memokuskan pada dua teknik: Diagram relasi entitas 7 : Simbol melambangkan data yang tersimpan dalam suatu basis data Perencanaan strategis Sumber Daya Informasi Membuat suatu model data perusahaan Model data perusahaan Mengembangkan basis data Basis data
Image of page 7
Image of page 8
  • Summer '16
  • mankiw

{[ snackBarMessage ]}

Get FREE access by uploading your study materials

Upload your study materials now and get free access to over 25 million documents.

Upload now for FREE access Or pay now for instant access
Christopher Reinemann
"Before using Course Hero my grade was at 78%. By the end of the semester my grade was at 90%. I could not have done it without all the class material I found."
— Christopher R., University of Rhode Island '15, Course Hero Intern

Ask a question for free

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern