dan secara global telah menjadi perusahaan teknologi yang paling menguntungkan

Dan secara global telah menjadi perusahaan teknologi

This preview shows page 3 - 5 out of 5 pages.

dan secara global, telah menjadi perusahaan teknologi yang paling menguntungkan setelah Microsoft. Saat ini Samsung tidak hanya meniru teknologi terdepan dari Sony, tetapi juga mengembangkannya sendiri. Seperti yang ditunjukkan oleh fakta pada tahun 2004 dimana Sony dan Samsung mengumumkan perjanjian untuk berbagi biaya penelitian dasar dalam meningkatkan LCD senilai miliaran dollar. Saat ini Samsung berada di tingkat pertama sebagai produsen barang-barang elektronik dan sebagai salah satu perusahaan paling inovatif di dunia. Hampir seperempat dari sekitar 80.000 karyawannya bekerja di salah satu dari empat divisi penelitian yang dimiliki Samsung (semiconductors, telecommunications, digital media, dan flat- screen panels). Kunci kesuksesan Samsung adalah inovasi, kecepatan dalam research dan engineering, dan juga biaya yang lebih rendah dibandingkan pesaing-pesaingnya.
Image of page 3

Subscribe to view the full document.

Case Discussion Questions and Answers Bagaimana model bisnis serta strategi yang dimiliki oleh samsung telah berubah dari waktu ke waktu? Pada awalnya yaitu sekitar tahun 1980an, model bisnis yang dijalankan oleh Samsung adalah meniru teknologi yang ditemukan oleh Perusahaan-perusahaan Jepang, lalu membuat produk yang berbiaya rendah lalu menjualnya ke pasar pada harga yang lebih rendah dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan Jepang. Sesaat strategi ini memang menguntungkan, akan tetapi Samsung tidak seperti perusahaan-perusahaan jepang seperti Sony yang dapat mengenakan harga premium, dan terus meraih keuntungan besar lalu menciptakan teknologi yang lebih maju lagi yang akan meningkatkan keuntungan mereka Lalu dengan adanya ancaman dari Cina dan negara-negara di Asia lainnya yang memiliki biaya tenaga kerja yang murah akan mengancam keuntungan biaya rendah yang dimiliki oleh Samsung, maka Samsung mulai menjalankan strategi baru. Fokus dari strategi baru ini terletak pada pengembangan ketrampilan research and engineering yang akan memungkinkan perusahaan untuk dengan cepat memanfaatkan teknologi yang diinovasi oleh Sony, Matsushita, Philips, dan Nokia. Para engineernya akan mengambil teknologi ini dan dengan cepat mengembangkan dan memperbaikinya untuk menciptakan produk baru dan lebih maju dibandingkan produk-produk yang ditawarkan oleh perusahaan- perusahaan Jepang pesaingnya.
Image of page 4
Image of page 5
  • Spring '17

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes