c Dibanjiri masalah atau tidak ada masalah Masalah selalu datang silih berganti

C dibanjiri masalah atau tidak ada masalah masalah

This preview shows page 34 - 36 out of 113 pages.

c. Dibanjiri masalah atau tidak ada masalah. Masalah selalu datang silih berganti terutama masalah tentang perbedaan antara siapa kita dan mau jadi apa kita. Sebagian besar masalah kita abaikan atau dipecahkan berdasarkan kebiasaan. Tidak muncul tantangan kreatif. Untuk menjadi kreatif kita harus mengidentifikasikan masalah dan memprioritaskan masalah kita. Atasi masalah secara kreatif. Tidak ada masalah atau kurang mengenal masalah juga menghambat kreativitas. d. Takut gagal Ray Bradbury pernah berkata bahwa hidup adalah mencoba segala sesuatu untuk mengetahui apakah semua hal dapat bekerja dengan baik. Kita lebih suka menghindari kegagalan dengan cara menyesuaikan diri, tidak mau mencoba hal yang berbeda, menggunakan gagasan yang telah terbukti berhasil dan berjalan hanya pada lorong-lorong yang telah dirintis. Kegagalan- kegagalan kecil bisa dhindari dengan cara itu. Takut gagal berarti kita telah gagal menjadi manusia. Mengapa? Karena tidak tumbuh secara kreatif melebihi kebiasaan- kebiasaan lama dan naluri. lebih baik gagal daripada tidak mencoba sama sekali . e. Kebutuhan akan sebuah jawaban sekarang Manusia malas berhadapan dengan kesulitan dimana suatu hal itu tidak memiliki jawaban langsung. Berikut ilustrasi : ketika seorang staf anda ingin membuat proposal , maka dia akan mencari literatur-literatur yang terkait dengan tugas tersebut. Baik bertanya, mencari referensi di youtobe dan lain sebagainya. Apabila pimpinan terlalu banyak memberikan intervensi dengan mengarahkan apa yang harus ia buat, maka proses kreatifnya akan tiba-tiba mogok. Pegawai menjadi tidak ingin melanjutkan proses atau bahkan melakukan proses
Image of page 34
29 Modul Berpikir Kreatif dalam Pelayanan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas dengan mood yang kurang kondusif. Bahwa dorongan kreatif akan selalu mencari jawaban atau kebutuhannya, bukan menikmati apa yang disediakan secara sengaja. f. Kesulitan kegiatan mental yang diarahkan Bekerja dengan fisik jauh lebih mudah dibandingkan bekerja dengan mental. Siapa bilang? Fisik seringkali mengeluarkan simptom yang bisa langsung dikenali ketika lelah. Mental tidak demikian. Sementara itu proses kreatif membutuhkan keduanya dalam kondisi yang fit. Kegiatan mental dan fisik akan saling berkoordinasi mengarahkan apa yang ingin dicapai oleh manusia. Kegiatan mental lebih unpredictable. Inilah yang membuat manusia harus mawas diri. g. Takut bersenang-senang Manusia sering tidak sadar bahwa rileks, bergembira, dan bersantai-santai merupakan aspek yang penting dalam proses pemecahan masalah secara kreatif. Seringkali untuk hal ini kita banyak belajar dari anak- anak. Bersenang-senang adalah kebutuhan. h. Mengenali cara-cara pemecahan yang baik Orang yang tidak terpaku pada pemecahan masalah yang sudah sering dilakukan dan bahkan tidak diragukan keberhasilannya, maka akan lebih sulit membuka diri terhadap sudut pandang lain dalam memecahkan masalah. Faktor takut gagal salah satu penyebabnya.
Image of page 35
Image of page 36

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 113 pages?

  • Summer '17

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors