Namun ibu saksi korban beralasan tinggal di kontrakan tidak tahu mau mengubur

Namun ibu saksi korban beralasan tinggal di kontrakan

  • No School
  • AA 1
  • 34

This preview shows page 32 - 34 out of 34 pages.

bahwa sudah melahirkan dan meminta agar janin diurus dan dikuburkan. Namun ibu saksi korban beralasan tinggal di kontrakan tidak tahu mau mengubur dimana. Sampai hari kamis tanggal 21 Januari 2016 jam 11.00 Wita ibu saksi korban belum datang sementara kondisi janin suda mulai busuk dan mengeluarkan bau sehingga Terdakwa menyuruh Sumarni Usman alias Surah menguburkan janin tersebut di Klinik Terdakwa di Jalan Ainiba Kelurahan Pasir Panjang kecamatan Kota Lama Kota Kupang; 8. Bahwa saksi korban adalah seorang gadis akan tetapi hamil diluar nikah; Disclaimer Kepaniteraan Mahkamah Agung Republik Indonesia berusaha untuk selalu mencantumkan informasi paling kini dan akurat sebagai bentuk komitmen Mahkamah Agung untuk pelayanan publik, transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan fungsi peradilan. N Dalam hal Anda menemukan inakurasi informasi yang termuat pada situs ini atau informasi yang seharusnya ada, namun belum tersedia, maka harap segera hubungi Kepaniteraan Mahkamah Agung RI melalui : Email : [email protected] Telp : 021-384 3348 (ext.318) Halaman 32
Image of page 32

Subscribe to view the full document.

hkama ahkamah Agung Republ Mahkamah Agung Republik Indonesia mah Agung Republik Indonesia ublik Indonesia Direktori Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia putusan.mahkamahagung.go.id Halaman33dari34 Putusan Nomor : 131/Pid.Sus/2016/PN.Kpg 9. Bahwa Terdakwa tidak ada menerima uang dari saksi korban atas tindakan Terdakwa menangani kedarutan medis kehamilan saksi korban dan sehingga bukan tindakan rutin yang biasa dilakukan oleh Terdakwa; 10. Bahwa Terdakwa menganggap proses persalinan saksi korban adalahterjadi secara sendiri artinya janin keluar dari rahim secara normal karena berdasarkan diagnosa sebelumnya janin sudah meninggal dunia di dalam kandungan; 11. Bahwa Terdakwa melakukan tindakan medis menangani kedaruratan persalinan yang tidak normal diluar kewenangannya karena rasa kemanusiaan dan kasihan melihat kondisi saksi korban; Menimbang, bahwa dari fakta-fakta diatas dihubungkan dengan tujuan pemidanaan serta keadaan yang memberatkan dan meringankan sebagaimana diuraikan diatas lamanya pidana yang dijatuhkan kepada Terdakwa sudah dianggap setimpal dengan peran Terdakwa dan Terdakwa dalam pergaulan masyarakat telah mendapat hukuman secara sosial dan nantinya akan mendapat sanksi administratif berupa pencabutan izin praktek; Menimbang, bahwa oleh karena Terdakwa dijatuhi pidana maka harus dibebani pula untuk membayar biaya perkara; Memperhatikan ketentuan Pasal : 194 Undang-Undang No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan, Undang-undang Nomor 48 Tahun 2009 Tentang Kekuasaan Kehakiman, Undang-undang Nomor 49 Tahun 2009 Tentang Peradilan Umum, Undang-undang Nomor 8 Tahun 1981 Tentang KUHAP serta ketentuan lain yang berkaitan dengan perkara ini; M E N G A D I L I : 1. Menyatakan Terdakwa “DEWI SULITA BAHREN ALIAS IBU DEWI” telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana “ Melakukan aborsi yang tidak sesuai dengan ketentuan”; 2. Menjatuhkan pidana terhadap Terdakwa oleh karena itu dengan pidanapenjara selama : 3 (bulan) dan denda sebesar Rp.50.000.000.-(lima puluh juta rupiah) dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama : 1 (satu) bulan; 3. Menetapkan masa penangkapan danpenahanan yang telah dijalani
Image of page 33
Image of page 34
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes