Salah satunya pengelolaan data dan informasi pada

Info icon This preview shows pages 3–5. Sign up to view the full content.

View Full Document Right Arrow Icon
harus dilakukan secara terkomputerisasi dalam sistem yang biasa disebut sistem informasi. Salah satunya, pengelolaan data dan informasi pada perusahaan laundry menjadi mudah. Anya Laundry merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa laundry . Pelayanan jasa laundry ialah sebuah bisnis yang berkaitan dengan jasa pencucian pakaian menggunakan mesin cuci maupun mesin pengering otomatis dan cairan pembersih serta pewangi khusus. Anya Laundry yang beralamat di Jl. Tubagus Ismail Dalam No.35 Bandung 40134. Pertama kali didirikan pada tanggal 1 Desember 2014. Akan tetapi, dalam pengelolaan data dan pencatatan pelayanan jasa laundry di Anya Laundry masih dilakukan secara manual. Seperti pada pencatatan data konsumen masih di tulis tangan dalam sebuah buku dan tidak adanya buku terpisah yang membedakan antara member dan non member . Sehingga membuat pihak Anya Laundry kesulitan dalam melakukan pencarian dan pencatatan laporan laundry tersebut memakan waktu yang cukup lama. Pembuatan nota laundry dan laporan pembelian bahan baku setiap bulannya masih dilakukan secara manual. Anya Laundry juga menyediakan fasilitas antar jemput, namun masih banyak konsumen yang bertanya lokasi mana saja yang termasuk dalam fasilitas tersebut dan berapa harga untuk setiap lokasinya. Masalah lainnya yaitu pengecekan status cucian yang masih mengharuskan konsumen datang langsung ke Anya Laundry untuk mengetahui status cuciannya sudah selesai atau belum. Meskipun di dalam nota laundry dicantumkan tanggal selesainya. Tetapi, masih ada konsumen yang ingin memastikan status cuciannya. Dengan demikian, sangat diperlukannya aplikasi sistem informasi pelayanan jasa laundry berbasis website yang akan dibangun dapat membantu dalam pengelolaan data dan informasi serta segala sesuatu yang berhubungan dengan pembuatan laporan laundry . Berdasarkan uraian di atas, maka penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul SISTEM INFORMASI PELAYANAN JASA DI ANYA LAUNDRY BERBASIS WEBSITE ”. Identifkasi Masalah Berdasarkan Latar Belakang yang telah dijelaskan sebelumnya, maka identifikasi masalah yang dapat disimpulkan adalah sebagai berikut : 1. Pengelolaan data dan pencatatan pelayanan jasa laundry , laporan pembelian bahan cuci serta pendaftaran konsumen masih dilakukan dengan ditulis tangan dalam sebuah buku aktifitas laundry, sehingga proses pengelolaan data tersebut membutuhkan waktu yang lama.
Image of page 3

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full Document Right Arrow Icon
2. Belum adanya pembagian antara member dan non-member, sehingga membuat pihak Anya Laundry kesulitan dalam memberikan diskon kepada member . 3. Pembuatan nota laundry masih membutuhkan tulis tangan dari pihak Anya Laundry yang dirasa belum efektif. 4. Fasilitas yang belum maksimal dikarenakan masih banyak konsumen yang tidak mengetahui daftar lokasi antar jemput beserta harganya setiap lokasinya. 5. Pengecekan status cucian yang masih dilakukan secara manual, yaitu konsumen harus datang langsung ke tempat Anya Laundry untuk mengetahui status cuciannya sudah selesai atau belum.
Image of page 4
Image of page 5
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern