Menurut OBrien dan Marakas 2008 p305 tujuan dari Supply Chain Management adalah

Menurut obrien dan marakas 2008 p305 tujuan dari

This preview shows page 17 - 20 out of 67 pages.

Menurut O’Brien dan Marakas (2008, p305) tujuan dari Supply Chain Management adalah untuk menciptakan jaringan yang cepat, efisien, dan berbiaya rendah, yang biasa disebut rantai pasokan untuk membuat produk perusahaan tumbuh pada konsep pasar. Menurut Turban, et al. (2008, p308) Supply Chain Management bertujuan untuk meminimalkan tingkat persediaan, mengoptimalkan produksi dan meningkatkan output, mengurangi waktu produksi, mengoptimalkan logistik dan distribusi, merampingkan order yang berlebihan, dan secara keseluruhan mengurangi biaya yang berhubungan dengan aktivitas-aktivitas tersebut. Menurut Simchi-Levi, David, Philip Kaminsky, dan Edith Simchi-Levi (2004, h2), tujuan supply chain management adalah untuk meraih efek tifitas dan efisiensi biaya pada sistem secara keseluruhan biaya total sistem, mulai dari biaya transportasi dan distribusi hingga penyimpanan bahan baku, barang setengah jadi, dan barang jadi harus diminimalisir. 2.2.2.5 Keuntungan supply chain Beberapa keuntungan yang diperoleh dari supply chain (Indrajit dan Djokopranoto, (2002, pp.4-5) adalah : 1. Mengurangi inventory dengan berbagai cara a. Inventory merupakan bagian paling besar dari aset perusahaan, yang berkisar antara 30%-40%. b. Sedangkan biaya penyimpanan barang (inventory carrying cost) berkisar antara 20%-40% dari nilai barang yang disimpan. c. Oleh karena itu usaha dan cara harus dikembangkan untuk menekan penimbunan barang dalam gudang agar biaya dapat ditekan menjadi sesedikit mungkin. 2. Menjamin kelancaran penyediaan barang a. Kelancaran barang yang perlu dijamin adalah mulai dari barang asal (pabrik pembuat), supplier , perusahaan sendiri, wholesaler, retailer , sampai kepada final customers .
Image of page 17
30 b. Jadi, rangkaian perjalanan dari bahan baku sampai menjadi barang jadi dan diterima oleh pemakai atau pelanggan merupakan suatu mata rantai yang panjang ( chain ) yang perlu dikelola dengan baik. 3. Menjamin mutu a. Mutu barang jadi (finished product ) ditentukan tidak hanya oleh proses produksi barang tersebut, tetapi juga oleh mutu bahan mentahnya dan mutu keamanan dalam pengirimannya. b. Jaminan mutu ini juga merupakan serangkaian mata rantai panjang yang harus dikelola dengan baik. 2.2.2.6 Kegiatan Supply Chain Management Kegiatan supply chain management dapat dibagi menjadi 2 jenis kegiatan (I Nyoman Pujawan, 2005, p.17), yaitu : 1. Kegiatan fisik Kegiatan fisik perusahaan terdiri dari sourcing (mencari bahan baku), produksi, penyimpanan material/produk, distribusi/transportasi, dan pengembalian produk (return). 2. Kegiatan mediasi pasar Kegiatan mediasi pasar perusahaan terdiri dari riset pasar, pengembangan produk, penetapan harga diskon, serta pelayanan purna jual.
Image of page 18
31 2.2.2.7 Proses Supply Chain Management Gambar 2.1 Proses dari Supply Chain dan 3 Macam Aliran yang Dikelola Sumber : I Nyoman Pujawan (2005, p.5) Pada gambar di atas, terlihat bahwa supply chain management adalah koordinasi dari material, informasi dan arus keuangan di antara perusahaan yang berpartisipasi.
Image of page 19
Image of page 20

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 67 pages?

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes