Pengembalian atas total aktiva merupakan ukuran efisiensi operasi yang relevan

Pengembalian atas total aktiva merupakan ukuran

This preview shows page 3 - 6 out of 15 pages.

Pengembalian atas total aktiva merupakan ukuran efisiensi operasi yang relevan. Nilai ini mencerminkan pengembalian perusahaan dari seluruh aktiva (atau pendanaan) yang diberikan pada perusahaan. Ukuran ini tidak membedakan pengembalian berdasarkan sumber pendanaan. Dengan menghilangkan dampak sumber pendanaan aktiva, analisis dapat terpusat pada evaluasi dan peramalan 3
Image of page 3

Subscribe to view the full document.

kinerja operasi. Namun, dasar total aktiva untuk menghitung pengembalian atas investasi modal sering kali perlu disesuaikan. Berikut tiga bentuk penyesuaian: a. Penyesuaian aktiva nonoperasi Salah satu bentuk penyesuaian terkait dengan aktiva nonoperasi. Penyesuaian aktiva nonoperasi mengeluarkan investasi pada sekuritas dan kelebihan kas dari dasar investasi modal. Pengeluaran ini akan membuat analisis terpusat pada aktiva operasi dan memisahkan perspektif yang berguna bagi perusahaan yang memiliki investasi aktiva keuangan yang signifikan. b. Penyesuaian aktiva tak berwujud Penyesuaian ini berasal dari skeptisme atas nilai aktiva tak berwujud atau asumsi bahwa sifat tak berwujud memiliki karakter yang berbeda dengan aktiva berwujud. Berdasarkan GAAP, Aktiva tak berwujud perlu ditelaah secara berkala untuk memungkinkan penurunan nilai ( impairment ). Penyesuaian harus dilakukan atas nilai tercatat aktiva sebelum proses analisis jika diperoleh informasi bahwa nilai ini tidak benar. Namun mengeluarkan aktiva tak berwujud dari modal yang diinvestasi secara keseluruhan tidak dapat dibenarkan karena aktiva ini mencerminkan investasi sesungguhnya yang dilakukan manajemen perusahaan meskipun fisiknya tak berwujud. c. Penyesuaian akumulasi penyusutan Beberapa pihak berpendapat bahwa karena aktiva tetap dipelihara agar tetap berada dalam kondisi kerja utama sepanjang masa manfaatnya, maka tidak selayaknya menilai pengembalian relative terhadap aktiva bersih. Mereka juga berpendapat bahwa jika akumulasi penyusutan tidak ditambahkan kembali, maka laba periode berikutnya terkait dengan dasar investasi yang tak akan pernah berkurang. Karenanya, meskipun laba stabil, pengembalian investasi akan terus meningkat dan tidak dapat mencerminkan kinerja perusahaan yang sesungguhnya. Ketika mengevaluasi penyesuaian ini, harus diingat penekanannya pada pengendalian internal unit produksi yang terpisah dan pengendalian manajemen secara keseluruhan. Untuk analisis perusahaan secara keseluruhan, lebih baik tidak menambahkan kembali akumulasi penyusutan terhadap investasi modal. Hal ini akan konsisten dengan perhitungan laba yang telah dikurangi beban penyusutan. Peningkatan pada pengembalian karena turunnya nilai aktiva yang 4
Image of page 4
disusutkan akan terhapus dengan pembelian aktiva yang disusutkan baru. Aktiva baru ini juga harus menghasilkan pengembalian. Juga harus diakui bahwa biaya pemeliharaan dan perbaikan biasanya meningkat seiring dengan umur aktiva, dan cenderung untuk menghapuskan pengurangan dasar investasi modal (jika ada).
Image of page 5

Subscribe to view the full document.

Image of page 6
  • Fall '16

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes