6 Kutipan dalam bahasa asing diperkenankan namun harus diterjemahkan atau

6 kutipan dalam bahasa asing diperkenankan namun

This preview shows page 162 - 164 out of 185 pages.

6) Kutipan dalam bahasa asing diperkenankan namun harus diterjemahkan atau dijelaskan maksudnya, dan ditulis dengan huruf miring (italic) . Adapun hal-hal yang harus dihindari dalam penulisan karya ilmiah, antara lain, sebagai berikut: 1) Penggunaan kata ganti orang pertama atau orang kedua (saya, aku, kami, kita, kamu). Pada penyajian ucapan terima kasih di bagian Kata Peng antar, istilah “saya” diganti dengan “penulis”. 2) Menonjolkan penulis dalam menguraikan penelitian. Misalnya, “Penulis telah melakukan ujicoba .... ”. Pernyataan itu mestinya ditulis: “Ujicoba telah dilakukan ..... 3) Pemakaian tanda baca yang tidak tepat. 4) Penggunaan awalan did dan ke yang tidak tepat (harus dibedakan dengan fungsi di dan ke sebagai kata depan dan sebagai awalan). 5) Memberikan spasi antara tanda hubung atau sebelum koma, titik, titik koma, titik dua, tanda tanya, tanda kurung, dan sejenisnya. 6) Penggunaan kata yang kurang tepat pemakaiannya dalam penulisan karya ilmiah. 4.2 Memulai Menulis Karya Ilmiah Bagi sebagian orang, menyusun karya ilmiah dipandang sebagai pekerjaan yang sulit. Pada kenyataannya, memang banyak mahasiswa yang mendapatkan nilai bagus pada sejumlah matakuliah tetapi gagal karena tidak dapat menyelesaikan tugas akhir yang menjadi syarat kelulusan, misalnya Karya Tulis Ilmiah (KTI), skripsi, tesis, dan disertasi. Mereka pada umumnya
Image of page 162
` Keterampilan Berbahasa Indonesia , Modul 7 | Uraian Materi Pembelajaran 151 Modul 7 kesulitan menulis sebuah karya ilmiah yang baik dan benar. Acapkali mereka bahkan kesulitan ketika akan memulai menulis karya ilmiah. Banyak di antara mereka yang kemudian membeli banyak buku, membacanya berhari- hari tanpa kenal lelah, tetapi tidak juga bisa memulai menulis. Sebaliknya, bagi sebagian orang menulis karya ilmiah adalah hal yang biasa. Mereka yang telah berpengalaman menulis mampu membuat sebuah karya tulis ilmiah dalam beberapa hari saja. Agus Mustofa, seorang pengarang buku ilmiah populer, bahkan dalam satu bulan bisa menyelesaikan satu atau dua buah buku yang cukup tebal. Buku karyanya yang pada umumnya berisi filsafat ilmu modern rata-rata menjadi bestseller atau sangat laris dan diminati banyak kalangan. Lalu bagaimana caranya agar kita dapat menulis karya ilmiah yang baik? Ada beberapa cara yang bisa ditempuh, namun tentu tidak dapat dilakukan secara instan. Kita perlu mengasah keahlian menulis dengan menulis secara rutin setiap ada kesempatan. Membaca buku, karya ilmiah, dan berbagai ragam tulisan merupakan sumber inspirasi bagi seorang penulis. Disamping itu, penulis yang kreatif pada umumnya suka mengamati alam sekitar, berbagai fenomena, dan kejadian-kejadian. Menulis pada umumnya dimulai dengan bertanya tentang sesuatu hal, kemudian mencari jawaban atas pertanyaan itu. Menulis juga bisa dimulai dengan memikirkan suatu gagasan atau ide, dan dari hal itu timbul keinginan untuk menyampaikannya kepada orang lain.
Image of page 163
Image of page 164

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 185 pages?

  • Fall '19
  • indri

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes