F Rangkuman Bruce Tuckman menemukan bahwa dalam setiap pembentukan tim terdapat

F rangkuman bruce tuckman menemukan bahwa dalam

This preview shows page 29 - 33 out of 58 pages.

kerja team. F. Rangkuman Bruce Tuckman menemukan bahwa dalam setiap pembentukan tim terdapat 5 (lima) tahapan yang dikenal sebagai model Forming-Storming-Norming- Performing-Adjourning. Tahapan FORMING pada tahap awal membangun tim ini, fokus Anda ditujukan untuk mendapatkan saling kemengertian dan persetujuan atas tujuan tim dan struktur tim yang akan dibangun. Tahapan STORMING pada tahap ini tim melakukan peninjauan kembali dan memperkuat perjanjian dari tahap sebelumnya, membuat penyesuaian yang diperlukan. Menemukan dan mengembangkan mekanisme bekerja yang baik untuk mengatasi konflik dalam pencapaian tujuan di masa depan.
Image of page 29
24 Modul Diagnosa Organisasi Pelatihan Kepemimpinan Administrator Tahapan NORMING pada tahap ini, fokus ditujukan pada kemajuan pekerjaan dimana setiap anggota tim melakukan tugas dan fungsi nya masing-masing. Berikan kemungkinan anggota untuk mengambil tanggung jawab yang lebih besar untuk mengembangkan cara bekerja bersama untuk mencapai kemajuan pekerjaan tersebut. Tahapan PERFORMING pada tahap ini, fokus ditujukan pada pemantauan dan pemeliharaan sistem dan norma sambil memberikan wewenang kepada anggota tim untuk ‘tumbuh” sesuai dengan keahlian dan minat mereka. Tahapan ADJOURNING - pada tahap ini fokus ditujukan untuk memberikan apresiasi terhadap seluruh tim atas apa yang telah dicapai dan atas segala usaha yang telah dilakukan bersama. Untuk m embangun tim kerja efektif dalam satu unit kerja, pemimpin harus jeli memotret kompetensi anggota tim; anggota mana yang tepat menjadi pemimpin tim, pemikir, pembentuk tim, motivator, pengevaluasi, penyelidik sumberdaya, pekerja dalam tim, dan penyelaras akhir kegiatan. Peran Pimpinan dalam proses pembentukan tim efektif sangat erat kaitannya dengan peran pemimpin dalam pembentukan dan pembinaan tim-tim kerja; pengelolaan tata kepegawaian yang berguna untuk pencapaian tujuan organisasi; pembukaan, pembinaan dan pengendalian hubungan eksternal dan internal organisasi serta perwakilan bagi organisasinya.
Image of page 30
25 Modul Diagnosa Organisasi Pelatihan Kepemimpinan Administrator G. Latihan 1. Tuliskan perbedaan konsepsi dari Tim dan Tim Efektif? …………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………… 2. Dalam Setiap pembentukan tim, Bruce Tuckman menemukan 5 (lima) tahapan yang dikenal sebagai model Forming-Storming-Norming-Performing- Adjourning. Uraikan tugas utama dari pemimpin tim dalam tahapan FORMING? …………………………………………………………………………… …………………………………….…………………………………… 3. Tuliskan apa saja peran pemimpin tim dalam tahapan Performing? …………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………… 4. Mengapa tahapan Adjourning begitu penting menjadi perhatian dari para pemimpin? …………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………… 5. Uraikan apa saja peran kepemimpinan yang anda ketahui dalam membangun tim? …………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………… H. Umpan Balik/ Kunci Jawaban dan Tindak Lanjut 1. Tim adalah sekumpulan orang yang memiliki keterampilan yang saling melengkapi dan memiliki
Image of page 31
26 Modul Diagnosa Organisasi Pelatihan Kepemimpinan Administrator komitmen untuk mencapai suatu tujuan bersama
Image of page 32
Image of page 33

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 58 pages?

  • Summer '17

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors