Reksadana pendapatan tetap lebih cocok untuk tujuan

  • No School
  • AA 1
  • 47

This preview shows page 15 - 18 out of 47 pages.

Reksadana pendapatan tetap lebih cocok untuk tujuan investasi jangka menengah dan panjang (1-3 tahun) dengan tingkat risiko rendah hingga menengah. Jenis reksadana ini mengandalkan penghasilannya dari tingkat suku bunga (kupon) yang sifatnya stabil dari instrumen obligasi tersebut. Reksadana ini disebut “pendapatan tetap” karena nilai investasinya relatif tidak fluktuatif karena sebagian besar portofolio di dalamnya berupa instrumen obligasi atau utang. Perusahaan atau instansi yang menerbitkan utang atau obligasi dipastikan secara rutin membayar bunga atas utang tersebut, inilah yang menjadi “pendapatan tetap” bagi reksadana. Karenanya, dalam grafik digambarkan reksadana pendapatan tetap bersifat datar ( flat ) dan tidak terlalu fluktuatif atau naik-turun dengan drastis. Instrumen-instrumen utang tersebut memberikan tingkat suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan tabungan bank namun tetap bersifat konservatif. Potensi hasil yang bisa diharapkan relatif lebih besar daripada tabungan, deposito, ataupun reksadana pasar uang. Ada pula sebagian reksadana yang memberikan pembagian keuntungan berupa uang tunai (dividen)
Image of page 15
33 yang dibayarkan secara berkala, misalnya setiap 6 (enam) bulan atau setiap tahun. 3. Reksadana Saham Reksadana saham adalah reksadana yang melakukan investasi sekurang- kurangnya 80% dari portofolio yang dikelolanya ke dalam surat berharga bersifat ekuitas atau saham. Dibandingkan dengan reksadana lainnya, tentu saja reksadana saham memberikan potensi pertumbuhan nlai investasi yang lebih besar, demikian juga risikonya. Reksadana saham biasanya menginvestasikan dananya pada saham-saham yang dicatatkan di bursa, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Ide yang mendasari reksadana saham adalah bahwa harga-harga saham dalam jangka panjang menghasilkan keuntungan yang cukup besar dibandingkan berinvestasi pada pendapatan tetap, walaupun mengalami kecenderungan naik dan turun dalam jangka pendek. Reksadana saham paling cocok untuk orang yang ingin berinvestasi jangka panjang, untuk beberapa tahun bahkan mungkin beberapa dasawarsa. Dibandingkan reksadana lainnya, dalam jangka panjang reksadana saham memberikan hasil lebih besar daripada reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, atau reksadana campuran. Khususnya jika dibandingkan juga dengan tingkat inflasi tiap-tiap tahun. Apabila dana cukup banyak, akan sangat bagus untuk mengombinasikan reksadana saham dengan reksadana pasar uang sebagai “ balancer ”. 4. Reksadana Campuran Reksadana campuran adalah reksadana yang mempunyai perbandingan alokasi portofolio asetnya tidak dapat dikategorikan dalam ketiga reksadana tersebut di atas. Reksadana campuran dapat melakukan investasinya ke surat-surat berharga ekuitas (saham), utang (pendapatan tetap), maupun instrumen pasar uang yang perbandingan alokasi dan komposisinya tidak termasuk dalam kategori tersebut di atas. Ada reksadana campuran yang lebih condong pada obligasi, ada pula yang lebih berat pada saham.
Image of page 16
34 Manajer Investasi yang mengelola reksadana campuran bisa mengalihkan
Image of page 17
Image of page 18

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 47 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors