JURNAL ILMU TERNAK JUNI 2013 VOL 13 NO 1 26 Sebagian besar responden sebanyak

Jurnal ilmu ternak juni 2013 vol 13 no 1 26 sebagian

This preview shows page 3 - 4 out of 7 pages.

JURNAL ILMU TERNAK, JUNI 2013, VOL. 13, NO. 1 26 Sebagian besar responden sebanyak 57,73% menyatakan kadang-kadang dan sebanyak 36,08% menyatakan sering melaksanakan pengangkutan limbah ternak. Peternak biasanya mengangkut limbah ternak yang sudah cukup kering untuk dimanfaatkan sebagai pupuk kandang ke sawah atau kebun dengan menggunakan karung atau carangka/dingkul (alat pikulan). Selain dengan cara tersebut ada pula peternak yang langsung mengalirkan limbah ternaknya ke sawah atau kebun dengan menggunakan selang dan pompa air. Hal ini sejalan dengan yang dikemukakan Merkel (1981) bahwa ada dua sistem pengangkutan limbah peternakan, yaitu pengangkutan secara mekanik untuk limbah padat dan atau semipadat dan pengangkutan dengan air ( hydraulic transport ) untuk limbah cair dan semicair. Sebagian besar responden sebanyak 65,98% menyatakan kadang-kadang dan sebanyak 19,59% menyatakan sering melaksanakan pemisahan limbah ternak. Limbah ternak biasanya dipisahkan antara limbah yang berupa kotoran ternak dan sisa pakan ( rarapen ). Sebelum diolah atau dimanfaatkan lebih lanjut, limbah ternak biasanya disimpan di tempat penyimpanan. Hasil survei menunjukkan bahwa dominan responden sebanyak 56,70% menyatakan kadang-kadang dan sebanyak 31,96% menyatakan sering melaksanakan penyimpanan limbah ternak. Umumnya periode penyimpanan limbah ternak ini berkisar antara 1-4 minggu sebelum dimanfaatkan lebih lanjut. Sebagian besar pemanfaatan limbah ternak adalah sebagai pupuk organik sehingga dengan mengacu pada pendapat Merkel (1981) sistem penyimpanan tersebut adalah jangka pendek dimana penyimpanan limbah ternak bersifat sementara sebelum digunakan. Sebagian besar responden hanya memanfaatkan limbah ternaknya sebagai pupuk organik yaitu sebanyak 9,28% menyatakan sangat sering, 36,08% menyatakan sering dan 49,48% menyatakan kadang-kadang. Pemanfaatan limbah ternak sebagai pupuk organik masih dilakukan dengan cara yang sangat sederhana yaitu limbah ternak hanya disimpan di tempat terbuka sampai kadar airnya menurun tanpa dilakukan pengolahan apapun. Setelah agak kering limbah ternak tersebut langsung digunakan sebagai pupuk organik. Pengolahan limbah ternak dengan cara pengomposan yang baik sangat jarang dilakukan peternak padahal teknik pengomposan yang baik dapat mengurangi hilangnya nutrien dan meningkatkan manfaat pengembaliannya ke dalam tanah (Handreck 1979). Kebanyakan peternak belum melakukan pengolahan terhadap limbah ternak yang dihasilkan karena pengetahuan peternak untuk memanfaatkan limbah ternak sebagai sumber daya masih terbatas. Selain itu mereka beranggapan bahwa proses pengomposan memerlukan tenaga, waktu dan biaya tambahan. Responden yang memanfaatkan limbah ternaknya sebagai bahan bakar biogas sedikit sekali yaitu hanya 3,09% menyatakan kadang-kadang, 1,03% hampir tidak pernah dan sebanyak 95,88% menyatakan tidak pernah melaksanakannya.
Image of page 3
Image of page 4

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 7 pages?

  • Winter '20

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors