OAINS peroral sering menimbulkan efek samping yang paling banyak adalah efek

Oains peroral sering menimbulkan efek samping yang

This preview shows page 15 - 18 out of 36 pages.

kurang efektif, maka pengobatan setiap hari dapat diindikasikan. OAINS peroral sering menimbulkan efek samping, yang paling banyak adalah efek toksisitas pada saluran cerna, termasuk dispepsia, mual, kembung, perdarahan gastrointestinal, dan tukak gastrointestinal. b) Nonfarmakoterapi Tujuan utama dari terapi nonfarmakologis berkaitan dengan mengurangi beban pada sendi yang sakit dan meningkatkan fungsi mekanisme protektif sendi sehingga dapat mengurangi pembebanan pada sendi. Beberapa cara yang dilakukan untuk mengurangi pembebanan sendi antara lain : 1. Menghindari/mengurangi aktivitas yang menyebabkan kerja berlebihan pada sendi dan terbukti mengakibatkan nyeri pada sendi tersebut. 2. Meningkatkan kekuatan otot penunjang kerja sendi untuk mengoptimalkan fungsinya sebagai faktor protektif sendi. Mengurangi beban yang diperoleh sendi dengan menggunakan alat bantu seperti memasang splint pada sendi yang sakit, menggunakan tongkat untuk berjalan pada pasien OA lutut, dan sebagainya. c) Tindakan operatif Ketika pasien dengan OA lutut atau pinggul telah gagal menjalani pengobatan medis dan tetap kesakitan dengan keterbatasan fungsi fisik yang menurunkan kualitas hidup, pasien harus dirujuk untuk artroplasti total. Ini adalah operasi yang sangat efektif dalam menghilangkan rasa sakit dan meningkatkan fungsi pada sebagian besar pasien. Saat ini tingkat kegagalan 1% per tahun. Kemungkinan keberhasilan operasi ini lebih besar di pusat-pusat kesehatan dimana sedikitnya 25 operasi tersebut dilakukan setiap tahun atau dengan ahli bedah yang berpengalaman dalam melakukan operasi tersebut. Waktu penggantian lutut atau pinggul sangat penting. Jika pasien 15
Image of page 15

Subscribe to view the full document.

menderita selama bertahun-tahun hingga status fungsional mereka telah menurun secara substansial dengan otot-otot yang sudah cenderung melemah, status fungsional pasca operasi tidak dapat meningkat setara dengan yang dicapai oleh orang lain yang menjalani operasi pada tahapan awal dalam perjalanan penyakitnya. 16
Image of page 16
BAB III METODOLOGI PENELITIAN 3.1. Jenis dan Desain penelitian Jenis dan desain penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah studi Deskriptif .Pada penelitian ini, peneliti ingin mengetahui karakteristik penderita osteoartritis yang berada di Desa Panimbang pada bulan April 2019 sampai dengan Juni 2019. Data diambil melalui Rekam medis pasien di Puskesmas Cimanggu II. 3.2. Tempat dan Waktu Penelitian Penelitian diambil dari data sekunder UPTD Puskesmas Cimanggu II pada bulan April 2019 sampa Juni 2019 dilanjutkan dengan pengolahan data dan penyusunan laporan hasil penelitian. 3.3. Subyek Penelitian 3.3.1. Populasi Populasi adalah sejumlah besar subyek yang mempunyai karakteristik tertentu. (Sastroasmoro, 2011). Populasi pada penelitian ini adalah pasien osteoartritis yang tercatat berobat di Puskesmas Cimanggu II pada periode bulan April 2019 sampai Juni 2019.
Image of page 17

Subscribe to view the full document.

Image of page 18
  • Summer '10

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes