Investasi yang telah dilakukan dalam bentuk aset

This preview shows page 40 - 43 out of 109 pages.

perusahaan yang kurang memiliki kesempatan untuk tumbuh. Investasi yang telah dilakukan dalam bentuk aset dalam pemakaian ( asets in place) masih bisa diamati oleh pihak di luar perusahaan sehingga kecil kemungkinan terjadinya asimetri informasi. Namun, investasi yang masih berbentuk peluang dan potensi akan sulit diamati oleh pihak di luar perusahaan. Karena peluang dan potensi investasi tersebut berkaitan dengan masa depan yang sifatnya masih belum pasti sehingga memungkinkan terjadinya praktik konservatisma (Watts dan Zimmerman 1986; Ambarish et al . 1987; Aboody dan Lev 2000 dalam Juanda, 2008).
Image of page 40
28 Jika dihubungkan dengan dengan teori product life cycle , maka perusahaan bertipe prospector yang berkarakter inovator intensitasnya tinggi pada fase pertumbuhan. Sedangkan perusahaan bertipologi defender yang menekankan pada aspek efesiensi berada pada fase kematangan, sebab pada fase inilah sangat beralasan kebijakan pengontrolan biaya secara ketat. Shank dan Govindarajan (1993) dalam Habbe dan Hartono (2001) secara implisit mengemukakan perusahaan yang berada pada fase perkenalan dan pertumbuhan menerapkan sistem pengendalian yang tidak ketat, tetapi bila sudah mencapai pada fase kematangan dan penurunan, maka akan menerapkan sistem pengendalian yang ketat. Sistem pengendalian ini apabila akan diterapkan secara konsisten akan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan secara keseluruhan. Anthony dan Ramesh (1992) dalam Habbe dan Hartono menemukan bahwa pada fase pertumbuhan akan terjadi pertumbuhan penjualan yang lebih tinggi dibanding pada fase kematangan dan penurunan. Pada fase itu pula ditemukan dividend payout yang relatif lebih kecil dibanding pada fase kematangan. Hal ini dapat dijelaskan bahwa perusahaan prospector memberikan dividen kepada pemegang saham relatif lebih kecil karena mengantisipasi reinvestasi dan pengembangan produk. Porter (1980) dalam Habbe dan Hartono (2001) menyatakan bahwa perusahaan yang berada pada fase pertumbuhan mempunyai profit dan margin yang tinggi dibanding pada fase kematangan dan penurunan. Sehubungan dengan itu, Gaver dan Gaver (1993) dalam Habbe dan Hartono (2001) telah membuktikan bahwa dalam penelitiannya bahwa perusahaan yang mempunyai kesempatan
Image of page 41
29 untuk tumbuh lebih profitable dibanding dengan perusahaan yang kurang atau tidak mempunyai kesempatan untuk tumbuh. Sebaliknya, pada perusahaan defender lebih menekankan pada efisiensi dan cost rendah, bahkan lebih rendah dari pesaingnya. Penekanan pada efisiensi terlihat pada pengontrolan biaya secara ketat, misalnya biaya-biaya R&D, biaya pelayanan, biaya promosi diminimalisir, dan pencapaian economic of scale productions untuk mendapatkan cost perunit yang rendah. Dalam hal produk, perusahaan defender berusaha menyediakan produk yang stabil di pasaran. Pengembangan produk biasanya disesuaikan dengan lini produk yang sudah ada dan pengembangan pemasaran yang disesuaikan dengan area yang tidak jauh dengan area yang sudah ada (Miles dan Snow, 1978 dalam Habbe dan Hartono, 2001).
Image of page 42
Image of page 43

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 109 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors