Mereka mempertahankan hubungan yang sangat baik

  • No School
  • AA 1
  • 26

This preview shows page 15 - 17 out of 26 pages.

Orde Baru. Mereka mempertahankan hubungan yang sangat baik dengan perwakilan lokal dari Partai Golkar yang dominan secara nasional. Pada tahun 1976, sekolah secara resmi diresmikan oleh menteri agama saat itu, Mukti Ali. Pada tahun 1984, Presiden Soeharto memberikan Hidayatullah medali untuk kontribusi sekolah untuk pembangunan Kalimantan Timur. Ambisi sentral dari pesantren Hidayatullah adalah menggunakan sekolah untuk membangun komunitas yang lebih luas di mana nilai-nilai Islam dapat diimplementasikan secara komprehensif (kaffah). Ini harus dilakukan, tidak hanya melalui kurikulum sekolah yang terintegrasi, tetapi dengan menciptakan "bentuk masyarakat yang terintegrasi." Jauh lebih dari rekan-rekan PKS mereka, staf Hidayatullah menafsirkan prinsip integrasi sosial ini dalam istilah egaliter dan asketis. Siswa dan staf
Image of page 15
di sekolah asrama Hidayatullah seharusnya “bersedia untuk melepaskan semua atribut sosial yang mereka bawa dari luar dan mengambil status yang sama dengan yang lainnya.” 62 Di Gunung Tembak, siswa dan staf tinggal di sekitar kampus sekolah pusat di rumah- rumah yang rapi tetapi, dengan standar apa pun, sederhana. Staf dan siswa juga diperintahkan untuk menghindari pakaian mewah dan barang-barang mewah, serta hiburan Barat dan hedonistik. Sejak dulu, staf di Gunung Tembak tidak hanya mengajar tetapi menjalankan bisnis di bidang kehutanan, peternakan, konstruksi, dan transportasi. Sudah pada tahun 1970-an, beberapa dari perusahaan ini telah terbukti sangat sukses sehingga para direktur sekolah mulai bermimpi untuk mendirikan cabang-cabang sekolah mereka di bagian lain Indonesia. Pada tahun 1978, para pemimpin Hidayatullah mengirimkan tim lulusan pertama mereka ke Jawa dan Sulawesi untuk mengeksplorasi kemungkinan membuka sekolah cabang dan bisnis. Tugas pertama lulusan adalah untuk terlibat dalam predikasi (dakwah), dengan harapan merekrut sekelompok kecil pendukung. Jika jumlahnya bertambah, cabang itu seharusnya mendirikan sekolah asrama. Staf dan siswa di sekolah juga seharusnya bergerak cepat untuk mendirikan bisnis, dengan pemahaman bahwa operasi mereka akan menjadi swasembada sesegera mungkin. Seperti rekan-rekan PKS mereka, sekolah Hidayatullah menggunakan kurikulum terintegrasi yang memadukan pelajaran agama ke dalam semua bagian kurikulum. Namun para pejabat Hidayatullah lebih suka merujuk pada kurikulum mereka, sebagai “integral” (tidak terpisahkan) daripada terpadu, meskipun mereka mengakui bahwa tujuannya serupa.63 Meskipun ada komitmen gerakan sekolah terhadap kebajikan kesederhanaan dan kerendahan hati, kegiatan intelektual adalah sangat dihargai, dan pedagogi banyak menggunakan kelompok diskusi dan pembicara luar. Seperti juga dengan sekolah-sekolah PKS, para pendidik Hidayatullah memahami misi integrasi mereka sebagai termasuk partisipasi dalam urusan masyarakat sekitar. Namun, para petugas Hidayatullah menunjukkan bahwa dalam tiga hal lain pemahaman mereka tentang integrasi berbeda dari PKS. Pertama, dan sesuai dengan penekanannya pada
Image of page 16
Image of page 17

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 26 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes