Perusahaan bertipologi defender sehingga berdasarakan

This preview shows page 7 - 9 out of 19 pages.

perusahaan bertipologi defender , sehingga berdasarakan uraian di atas maka dapat dirumuskan hipotesis sebagai berikut : H 4 : Rata-rata return on sales perusahaan bertipologi prospector lebih besar dari pada perusahaan bertipologi defender berdasarkan kriteria pengelompokkan rasio karyawan terhadap penjualan, rasio market value to book value, rasio capital expenditure to total asset, rasio capital expenditure to market value, dan analisis faktor. METODE Penelitian ini merupakan studi komparatif. Pengujian hipotesis dilakukan dengan pendekatan uji beda rata-rata. Pengujian beda rata-rata merupakan tipe penelitian dengan karakteristik masalah berupa perbandingan antara dua vaiabel atau lebih. Dalam penelitian ini, dilakukan pengamatan terhadap konsekuensi-konsekuensi yang timbul dan menelurusi kembali fakta yang secara masuk akal sebagai faktor-faktor penyebabnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kinerja perusahaan antara perusahaan bertipologi prospector dan defender. Dalam menentukan perusahaan bertipologi prospector, defender, analyzer, dan reactors penelitian ini menggunakan analisis faktor mengacu pada Saraswati dan Atmini (2007). Tujuan utama dari analisis faktor adalah mendefinisikan struktur suatu data matrik dan menganalisis struktur saling hubungan (korelasi) antar sejumlah besar variabel atau dimensi yang sering disebut dengan faktor. Analisis faktor menghendaki bahwa matrik data harus memiliki korelasi yang cukup agar dapat dilakukan analisis faktor. Uji yang digunakan untuk melihat interkorelasi antar variabel dan dapat tidaknya analisis faktor dilakukan adalah measure of sampling adequacy (MSA). Nilai MSA bervariasi dari 0 sampai 1, jika nilai MSA < 0.50 maka analisis faktor tidak dapat dilakukan (Ghozali,2005).
Image of page 7
Berlian 328 346 Jurnal MIX, Volume V, No. 3, Oktober 2015 335 Indeks faktor yang diperoleh kemudian diurutkan mulai dari yang terendah sampai yang tertinggi. Sepertiga peringkat pertama diidentifikasi sebagai perusahaan bertipologi defender dan sepertiga terakhir diidentifikasikan sebagai perusahaan bertipologi prospector . Sisanya akan dihilangkan dari sampel karena kurang tepat untuk membedakan antara perusahaan prospector dan defender. Menurut Habbe dan Hartono (2001) untuk menentukan sampel yang tergolong perusahaan bertipologi prospector dan sampel mana yang tergolong perusahaan defender ditentukan dengan empat variabel indikator yang digunakan sebagai proksi perusahaan bertipologi prospector dan defender dapat dirumuskan sebagai berikut : KAPREN = KAR/PEN (1) PBV = MV/BV (2) CETA = (CE t CE t-1 ) / TA t-1 (3) CEMVE = (CE t CE t-1 ) / MVE t-1 (4) Keterangan : KAR = Total karyawan PEN = Total penjualan bersih MV = Harga pasar per lembar saham BV = Nilai buku per lembar saham CE t = Capital expenditure tahun t CE t-1 = Capital expenditure tahun t-1 MVE t-1 = Nilai pasar ekuitas akhir tahun t-1 TA t-1 = Total asset tahun t-1 Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel penelitian adalah perusahaan manufakur yang terdatar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2011 sampai 2014. Unit analisis pada penelitian ini yaitu tingkat
Image of page 8
Image of page 9

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 19 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors