Jadi seharusnya sunbeam mencatat pendapatan dan beban

This preview shows page 86 - 88 out of 154 pages.

dengan biaya yang menjadi beban perusahaan untuk periode yang sama. Jadi seharusnya sunbeam mencatat pendapatan dan beban untuk tahun 1996 di tahun 1996 begitu juga untuk tahun 1997. d. Bagian dari biaya restrukturisasi tahun 1996, Sunbeam menghapus nilai properti, pabrik, dan peralatan sebesar $92 juta. Beberapa dari penghapusan ini berlaku untuk aset perusahaan yang terjual, tetapi sebagian besar berlaku untuk asset yg digunakan dalam operasi yang sedang berjalan. Jawaban: Dalam pencatatan penurunan property plan and equipment , Dunlap melanggar PSAK No. 48. Di mana dijelaskan Aktiva tetap adalah aktiva berwujud yang diperoleh dalam bentuk siap pakai atau dengan dibangun lebih dahulu, yang digunakan dalam operasi perusahaan, tidak dimaksudkan untuk dijual dalam rangka kegiatan normal perusahaan dan mempunyai masa manfaat lebih dari satu tahun. Penyusutan adalah alokasi sistematik jumlah yang dapat disusutkan dari suatu aktiva sepanjang masa manfaat. Jumlah yang dapat disusutkan ( depreciable amount ) adalah biaya perolehan suatu aktiva, atau jumlah lain yang disubstitusikan untuk biaya perolehan dalam laporan keuangan, dikurangi nilai sisanya. Umumnya nilai buku aktiva tetap tertentu tidak sama dengan nilai pelepasannya. Akibatnya timbul keuntungan dan kerugian. Penyebabnya adalah penyusutan merupakan estimasi atas alokasi biaya. Keuntungan atau kerugian sebenarnya merupakan koreksi laba bersih untuk tahun tahun selam aktiva tetap digunakan. Untuk penghapusan asset perusahaan yang terjual Sun beam memperoleh keuntungan dengan penambahan sekitar $9 juta namun keuntungan tersebut tidak hanya berasal dari asset prusahaan yang terjual tetapi sebagian besar berasal dari asset yang digunakan dalam operasi. Penyusutan untuk asset yang digunakan akan menjadi beban dan mengurangi pendapatan. Tetapi sunbeam menganggap sebagai pendapatan. Untuk hal tersebut Sun beam melanggar Prinsip Matching cost against revenue. e. Periklanan Sunbeam dan biaya promosi menurun dari $71.5 juta tahun 1996 menjadi$56.4 juta tahun 1997 sebagai hasil kapitalisasi dari iklan dan biaya promosi produk.
Image of page 86
LEARDO ARLES DOCUMENT 2014 87 Jawaban: Pada kasus ini auditor harus melihat kembali biaya-biaya apasaja yang besar pada tahun 1996, dan biaya-biaya apa saja yang menyebabkan biaya promosi menurun. Hal ini menyebabkan pelanggaran pada PSAK No. 19 (revisi 2009) tentang aset tidak berwujud. Biaya iklan dan promosi apabila dikapitalisasi akan masuk sebagai intangible asset atau asset tidak berwujud. Aktiva tidak berwujud diakui jika: kemungkinan besar entitas akan memperoleh manfaat ekonomis masa depan dari asset tersebut (paragraf 21, PSAK No. 19) f. Allowance for doubtful accounts (penyisihan piutang tak tertagih) menurun dari $23.4 juta di tahun 1996 menjadi $8.4 juta di tahun 1997, akibat kurangnya pendekatan konservatif pada penilaian account receivable. Jawaban: Auditor harus melihat dan mematchingkan kembali penyisihan- penyisihan dengan biaya-biaya piutang serta menganalisa umur piutang dari penyisihan piutang tak tertagih. Apa yang mengakibatkan terjadinya penurunan sebesar $15 juta. Benarkah diakibat dari pendekatan konservatif pada penilaian account receivable.
Image of page 87
Image of page 88

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 154 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors