sampai arus hubung singkat kira kira mencapai dua kali arus nominalnya setiap

Sampai arus hubung singkat kira kira mencapai dua

This preview shows page 80 - 83 out of 97 pages.

sampai arus hubung singkat kira-kira mencapai dua kali arus nominalnya. setiap tegangan jala-jala dinaikkan, blok atau tahan rotornya sehingga tidak dapatberputag kemudian catat tegangan, arus dan dayanya. Percobaan ini tidak dapat dilakukan untuk tegangan terminal stator sama dengan tegangan dasarnya, karena akan menimbulkan panas yang berlebihan , menyebabkan isolasi motor rusak. Dari pengamatan dapat dilukiskan karakteristik daya hubungsingkat dan arus hubung singkat sebagai fungsi dari tegangan jala-jala yang dinaikkan setingkat dem i seti ngkat sebagai beriku t : Masukkan persamaan (5-a9) dan (5-50) kedalam Persamaan (!45), demikian pula persamaan (5-tl6) dan (*a\ akan diperoleh : P" =ftr 0/r 12 +k, f1 1 t+i (5-51) P c 2 - kt Vr12 + k2f2 BI (5-52) vr vz f, -E .(e53) Dari persamaan tersebut diatas k, dan k, dapat dihitung sehingga nilai-nilai P dan P- akan didaPat en b. c.
Image of page 80
Penrentr Teloik TenaP licr& Karakteristik dari pengujian dapat digambarkan sebagai berikut : P. h5 1 Anatisis knraktqbtik httbung singkat Pada wakhr hubung singkat komponen ams magnetisasi relatif kecil sekali terhadap anrs hubung singkat (In") sehin88a rangkaian ekivalen dalam keadaan hubung singkat sebagai berikut : G ambar 5-16. Rwt gkaian ekiwlen hubung singfut' Dari pengujian hubung singkat ini didapatkan data sebagaiberikut P. R" -Rr *R2'-;=_* .......... (5-56) 1. ,I,E v Z. *Rn * j X" -i .. ... .. ..(5-57) h8 Mesin Tak Serempak (Mesin Induksi) 155 19 t* 1 X, -Xt * Xz' "(5-58) (5-5e) Nilai resistans pada temperatur keria (75 oC; dapat di- ditentukan jika temperaturruangan pada saat pengujian di catat. Gambar 5-15. Diagran krr:aktcristik hubung singp'
Image of page 81
156 Penmntar Teknik Tenaga Ustrik Pertanyaaru 1. Terangkan apa sebabnya motor tak serempak yang banyak dipergu- nakan baik di industri maupun di pabrik!. Generator tak serempak dipergunakan dimana dan prinsip kerjanya bagaimana? 2. Terangkanklasifikasi motorinduksi! 3. Bagaimana konstruksi motor induksi? Terangkan dengan singkat 4. Terangkan prinsip kerja motorinduksi! 5. Mengapa kecepatan motor tidak sama dengan kecepatan medan putar statornya? Terangkan! 6. Terangkan cara meng-ekivalen-kan beban mekanis dari motor induksi kedalam rangkaian listrik dari rotor! 7. Terangkan rangkaian ekivalen yang sebenamya dan rangkaian ekiva- len pendekatan dari motorinduksi, apa bedanya dengan hafo? 8. Terangkan tingkatan daya pada motor induksi !. 9. Terangkan torsi apa saja yang timbul pada motorinduksi!' l0.Pengujian apa saja yang dapat dilakukan pada motor induksi, terangkan dengan singkat! Mesin Tak Serempak (Mesin Induksi) 157 SoaI latihan 1. Motor induksi 3 fase, 8 kutub, bekerja dengan sumber tegangan yang fiekuensinya 50 Hz. Hitung a. Kecepatan medan putar stator b. Kecepatan motorbila slip 3 % c. Kecepatan motorbila frekuensi emf rctor 3 Hz Buktikan pemyataan berikut : P-:P :P =1:(1-S):S 2mcu Motor induksi 3 f.av-., 4kutub, & Hzdalam keadaan bekerja rotornya menarik day a 720 laar/ fase.
Image of page 82
Image of page 83

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture