irigasi kebutuhan air untuk tanaman dihitung dengan menggunakan metode prakira

Irigasi kebutuhan air untuk tanaman dihitung dengan

This preview shows page 4 - 6 out of 15 pages.

irigasi, kebutuhan air untuk tanaman dihitung dengan menggunakan metode prakira empiris berdasar rumus tertentu (Fuadi, 2016). Kebutuhan air tanaman ( ETc ) merupakan jumlah air yang dievapotranspirasikan ( ETo ) dan dipengaruhi oleh koefisien tanaman ( Kc ). Kebutuhan air tanaman terdiri dari kebutuhan air pada pertumbuhan awal (15 hari), vegetatif aktif (15 hari), pembuahan (40 hari), dan pematangan biji (15 hari). Air adalah salah satu komponen fisik yang sangat vital dan dibutuhkan dalam jumlah besar untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Sebanyak 85-90 % dari bobot segar sel-sel dan jaringan tanaman tinggi adalah air. Untuk mempercepat pertumbuhan dan meningkatkan hasil tanaman perlu penyiraman sesuai kebutuhan air. Penyiraman dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu: mengganti air yang telah menguap, memberi tambahan air yang dibutuhkan oleh tanaman, dan mengembalikan kekuatan tanaman. dapat tumbuh lurus meninggi tanpa cabang (Kinasih, 2015). . Kebutuhan air untuk tanaman pada suatu jaringan irigasi merupakan air yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman yang optimal tanpa kekurangan air. Kecenderungan yang sering terjadi adalah adanya ketidakseimbangan antara ketersediaan dan kebutuhan air. Untuk mencapai keseimbangan antara kebutuhan air dan ketersediaan air di masa mendatang, diperlukan upaya pengkajian komponen- komponen kebutuhan air, serta efisiensi penggunaan air (Saria, 2012). Kebutuhan air tanaman adalah sejumlah air yang dibutuhkan untuk mengganti air yang hilang akibat penguapan. Air dapat menguap melalui permukaan bumi (evaporasi) maupun melalui daun-daun tanaman (transpirasi). Bila kedua proses
Image of page 4

Subscribe to view the full document.

penguapan tersebut terjadi bersama-sama, maka disebut proses evapotranspirasi. Dengan demikian besar kebutuhan air tanaman adalah sebesar jumlah air yang hilang akibat proses evapotranspirasi (Nadjamuddin, 2015). Kebutuhan air tanaman/ crop water requirement (CWR) dapat didefinisikan sebagai bagaiamana banyaknya air yang dibutuhkan untuk mengganti air yang hilang lewat evapotranspirasi. Nilai CWR memang identik dengan nilai evapotranspirasi tanaman ( ETc ). Namun, pada CWR ini mengacu pada banyaknya air yang harus disuplai, sedangkan pada ETc mengacu pada seberapa banyaknya air yang hilang lewat proses terjadinya evapotranspirasi (Putri, 2015). Ketersediaan air menentukan keberhasilan produksi tanaman, baik secara vegetatif maupun generatif karena air merupakan kebutuhan dasar bagi tanaman. Kebutuhan air meningkat dengan meningkatnya kadar air tanah, tetapi efisiensi pemakaian air tertinggi pada kadar air tanah antara 55–70% kapasitas lapang. Kekurangan atau kelebihan air pada tanaman akan mempengaruhi pertumbuhan serta produksinya. Tanaman akan sensitif dengan kekurangan air karena sistem perakarannya cenderung dangkal ( Agus, 2016). 2.2 Defisit Air Kondisi air dalam tanah sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman secara langsung. Pada budidaya tanaman lahan kering, air merupakan faktor pembatas yang paling menentukan. Sumber air utama bagi pertumbuhan tanaman adalah hujan.
Image of page 5
Image of page 6
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes