Segregation drive reservoir e combination drive

Info icon This preview shows pages 8–11. Sign up to view the full content.

Segregation Drive Reservoir e. Combination Drive Reservoir 4.2. Injeksi CO 2 Injeksi gas CO 2 atau sering juga disebut sebagai injeksi gas CO 2 tercampur yaitu dengan menginjeksikan sejumlah gas CO 2 ke dalam reservoir dengan melalui sumur injeksi sehingga dapat diperoleh minyak yang tertinggal. 4.2.1. Sumber CO 2 dan Jenis-jenis Injeksi CO 2 a. Sumber CO 2 Sumber CO 2 sangat menentukan dalam keberhasilan proyek injeksi CO 2 , sebab CO 2 yang diperlukan harus tersedia untuk jangka waktu yang panjang. Gas yang tersedia juga harus relatif murni sebab beberapa gas seperti metana
Image of page 8

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

dapat meningkatkan tekanan yang diperlukan untuk bercampur, sedangkan yang lainnya seperti hidrogen sulfida berbahaya dan berbau serta menimbulkan permasalahan lingkungan. Sumber CO 2 alami adalah yang terbaik, baik yang berasal dari sumur yang memproduksi gas CO 2 yang relatif murni ataupun yang berasal dari pabrik yang mengolah gas hidrokarbon yang mengandung banyak CO 2 sebagai kontaminan. Sumber yang lain adalah kumpulan gas ( stack gas ) dari pembakaran batubara ( coal fired ). b. Jenis-jenis Injeksi CO 2 Terdapat beberapa jenis injeksi CO 2 yang dapat dipilih untuk diterapkan di lapangan yaitu : 1. Injeksi Secara Kontinyu 2. Injeksi Slug CO 2 Diikuti Air 3. Injeksi Slug CO 2 dan Air Secara Bergantian 4. Injeksi Injeksi CO 2 Dan Air Secara Simultan. 4.2.2. Tekanan Tercampur Minimum (TTM) Gas CO 2 Tekanan Tercampur Minimum Gas CO 2 (TTM- CO 2 ) adalah suatu tekanan minimum tertentu dimana CO 2 yang digunakan sebagai fluida pendesak dapat bercampur dengan minyak di reservoir pada suatu harga temperatur tertentu. Ada ketentuan yang perlu dilaksanakan dalam pemilihan TTM CO 2 , walaupun dari berbagai percobaan laboratorium kita sudah mengetahui seberapa besar harga TTM CO 2 tersebut. Pertama apabila harga tekanan bubble point minyak reservoir ternyata lebih besar dari TTM CO 2 maka harga TTM CO 2 sama dengan harga tekanan bubble point . Kedua karena kondisi reservoir yang sangat terbatas dimana adanya tekanan rekah formasi akan mempengaruhi atau membatasi dalam harga TTM CO 2. 4.2.3. Pendesakan Tak Tercampur Dalam proses pendesakan tak tercampur, selama proses berlangsung tidak terjadi perpindahan massa antara fluida minyak dengan fluida gas injeksi dengan kata lain fluida injeksi tidak masuk ke dalam minyak. Ini berarti proses yang terjadi harus berada di bawah kondisi keseimbangannya. Tercapainya kondisi ini sangat dipengaruhi oleh komposisi dari fluida yang terlibat, serta dipengaruhi oleh besarnya tekanan injeksi dan temperature dimana proses tersebut berlangsung.
Image of page 9
Mekanisme pendesakan tak tercampur antara fluida gas dengan fluida minyak yang mana proses yang terjadi adalah eksternal gas injection dibagi atas dua konsep dasar, yaitu : a. Konsep yang berdasarkan prinsip desaturasi b. Konsep yang berdasarkan prinsip kerja torak Perbedaan kedua konsep tersebut berdasarkan atas anggapan terdapatnya perubahan saturasi pendesakan dibelakang font pada saat proses pendesakan ini
Image of page 10

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

Image of page 11
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.
  • Summer '18
  • ERNI

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern