6 Model memungkinkan pengguna untuk menggunakan bantuan matematika untuk

6 model memungkinkan pengguna untuk menggunakan

This preview shows page 3 - 6 out of 14 pages.

6. Model memungkinkan pengguna untuk menggunakan bantuan matematika untuk memecahkan masalah. 7. Model menyediakan format standar untuk menganalisis masalah. 8. Model untuk latihan/ simulasi. 9. Model untuk analisa. 5. Tahap-tahapan yang umum dilakukan dalam pembentukan model suatu masalah adalah sebagai berikut:
Image of page 3
Penjelasan skema : a) Berdasarkan observasi atas masalah yang dihadapi, dipilih bentuk/jenis model yang cocok b) Setelah dipilih modelnya maka dilakukan pengukuran/pengujian dengan jalan membandingkan hasil model dengan kenyataan. c) Dari hasil perbandingan akan dapat dilihat apa ada penyimpangan antara model & kenyataan. Disini diambil keputusan apa model dapat diterima atau perlu direvisi . Bila dapat diterima maka lebih ke (4) dilaksanakan (implementasikan), kalau tidak maka ke (5) untuk dikembalikan ke (1) memilih model baru lagi. d) Model yang sudah cukup baik & memenuhi harapan pembuat model dan dapat di terapkan /digunakan untuk menyelesaikan masalah. Masalah yang dihadapi 1 2 3 4 5
Image of page 4
6. Model yang baik adalah model yang dibuat untuk mempermudah menyelesaikan masalah. Untuk membuat model yang baik, yang harus diperhatikan adalah kegunaan dari model itu sendiri, contoh; - Model untuk komunikasi - Model untuk analisa - Model untuk peramalan - Model untuk latihan/simulasi 7. Sistem (dari bahasa Latin systēma, ) adalah beberapa wujud yang berinteraksi atau saling bergantungan satu dengan lainnya membentuk suatu keseluruhan yang terpadu. Dengan kata lain, sistem adalah hubungan dari banyak bagian yang berbeda yang saling berinteraksi.
Image of page 5
Image of page 6

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 14 pages?

  • Winter '14
  • ir. sugiatmo kasmungin

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture