Pengembangan inovasi pertanian ini telah menghasilkan padi varietas unggul yang

Pengembangan inovasi pertanian ini telah menghasilkan

This preview shows page 43 - 45 out of 113 pages.

Pengembangan inovasi pertanian ini telah menghasilkan padi varietas unggul yang diberi nama Melati dan Sulthan, juga diarahkan ke pertanian organik yang lebih ramah lingkungan. Sedangkan bidang peternakan menghasilkan kambing unggul untuk pedaging dan penghasil susu.. 2) Desa Kedungrejo ; desa ini memilih terobosan dengan melakukan inovasi dengan mengembangankan sentra batik gedhong yang merupakan batik khas Tuban, Jawa Timur. Batik gedhong ini kemudian sangat diminati oleh konsumen baik pasar lokal maupun juga manca negara uatamanya untuk jenis tertentu seperti Tenun gedog, yang disukai oleh pembeli dari Jepang, Spanyol, Amerika Serikat, dan negara lainnya. Sentra batik gedhog dikembangkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di kabupaten Tuban. Konsep pengembangannya melibatkan empat aktor utama, yaitu Pemerintah Kabupaten Tuban, BUMN/Swasta, Pengusaha Batik, Pengrajin Batik. Namun demikian inovasi yang sudah berjalan dengan baik tersebut bukan tanpa tantangan. Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah menurunnya jumlah perajin batik, yang semula berjumlah 55 perajin menurun menjadi hanya 100 orang perajin, yang merupakan generasi tua dan tidak memiliki generasi baru sebagai penerus. Hal ini tentu menjadi tanggung jawab bersama tidak hanya bagi pelaku usaha, tetapi juga Pemerintah Kabupaten, BUMN/Swasta dan juga masyarakat setempat harus didorong untuk memiliki kepedulian dan tanggungjawab dalam rangka mempertahankan dan
Image of page 43
38 Modul Berpikir Kreatif dalam Pelayanan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas mengembangkan sektor andalan daerah tersebut. Di sini diperlukan terobosan dan Inovasi untuk mengatasinya, apakah melalui tehnologi atau pelatihan ketrampilan dan kegiatan lainnya. Inovasi memang tidak berhenti pada satu titik, tetapi terus mengikuti perubahan lingkungan. 3) Desa Gondangan ; Pemerintah Kabupaten Klaten merupakan salah satu yang mendorong Inovasi dengan mengembangkan potensi agro industri Desa Gondangan untuk menciptakan usaha mikro, kecil dan menengah ( UMKM) . Argo Industri ini dikelola secara komprehensif dengan pelaku intinya adalah UKM. Pengembangnnay meliputi; Pengelolaan Makanan Ringan ( PMR), mengelola proses produksinya dengan menggunakan teknologi tepat guna dan yang penting juga memperbaiki manajemen pemasarannya. Dalam pengelolaan makanan ringan didukung oleh industri pendukung yang menyediakan bahan baku berkualitas, dan yang juga memperbaiki proses pengadaannya untuk bahan baku industri tersebut. Pelaku UKM disana juga didukung oleh lembaga terkait dukungan permodalan dan pengembangan, seperti peningkatan akses keuangan bank dan non perbankan; meminimalkan kesenjangan informasi dan meningkatkan kerjasama pemerintah, UMKM dan lembaga Keuangan. Untuk menjaga kesinambungan dari Inovasi tersebut, Pemda memberikan dukungannya melalui Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan memberikan dan membuka saluran atau jaringan distribusi pasar, mempromosikan produk- produk UMKM, memberikan ijin produksi rumah tangga dan yang lebih penting menciptakan iklim usaha yang baik. Sementara itu UKM sebagai pelaku Inovasi ( Innovator), diharapkan untuk terus menjaga kualitas
Image of page 44
Image of page 45

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 113 pages?

  • Summer '17

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors