2 Efisiensi aerodinamika lebih tinggi dari rotor darrieus 3 Sudut rotor yang

2 efisiensi aerodinamika lebih tinggi dari rotor

This preview shows page 10 - 13 out of 13 pages.

2. Efisiensi aerodinamika lebih tinggi dari rotor darrieus. 3. Sudut rotor yang lurus mudah dibuat. d. Kincir Angin Propeller. Kincir angin propeller merupakan kincir angin yang konvensional dimana suatu putaran searah dengan arah angin dengan jumlah sudut dua, tiga ataupun lebih yang berpenampang airfoil. Dimana perputaran kincir angin ini disebabkan adanya gaya aerodinamika yang bekerja pada suatu kincir angin. Agar propeller dapat berputar maka letak bidang rotasinya harus tegak lurus dengan arah angin. Dan untuk maksud ini dapat digunakan tipe up wind dan down wind. Kelebihan jenis Up Wind : 1. Konstruksi lebih sederhana. 2. Karakteristik aerodinamis angin tidak terganggu karena arah angin langsung menuju rotor. 3. Untuk variable pitch start lebih ringan.
Image of page 10
4. Tidak memerlukan sudut orientasi. Kerugian jenis Up Wind : 1. Jarak rotor ke sumbu menara harus jauh, hal ini akan memungkinkan terjadi pelenturan poros karena beban rotor yang terlalu berat. 2. Memerlukan ekor pengarah. 3. Kapasitas turbin umumnya kecil, hal ini karena jari-jari sudut yang bisa dipasang ukurannya kecil, bila besar memungkinkan terjadi defleksi sudut. Kelebihan jenis Down Wind : 1. Sambungan rotor dan poros dapat dibuat sedekat mungkin ke menara dan ingin mengurangi kemungkinan pelenturan poros, karena beban rotor yang terlalu berat. 2. Kapasitas turbin umumnya besar, hal ini karena defleksi sudut bisa dihindari walaupun dengan ukuran jari-jari sudut yang panjang. 3. Biasanya jenis down wind memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri terhadap arah angin, sehingga tidak memerlukan ekor sebagai penyearah. Kerugian jenis Down Wind : 1. Memerlukan sudut orientasi. 2. Karakteristik aerodinamika angin tergantung karena angin terhalang oleh menara. 3. Biaya kontruksi lebih tinggi. e. Kincir Angin Vorteks Terbatas Kincir angin jenis vorteks terbatas merupakan bentuk pengembangan dari kincir angin. Kincir angin jenis ini diharapkan dapat memanfaatkan energi angin yang semaksimal mungkin dengan jalan mempercepat angin yang ada. Konstruksi dari kincir angin vorteks terbatas terdiri dari menara silinder (tower) dimana pada dinding silinder dipasang sudut-sudut vertikal yang bisa disetel. Pada bagian bawah silinder diletakkan sebuah kincir angin propeller yang dilindungi oleh saluran divergen. Apabila ada aliran angin masuk ke dalam silinder melalui sudut-sudut vertikal yang mempunyai sudut pembukaan yang tidak sama, maka akan terjadi putaran angin dalam silinder seperti angin pusar (vorteks) atau angin tornado. Dalam pusat vorteks ini arus angin mempunyai kecepatan sudut yang tinggi sekitar 10 kali kecepatan sudut pada dinding silinder atau aliran angin diluar silinder. Karena dipuncak  silinder ada aliran angin maka tekanan udara pada silinder bagian atas akan minimum, sehingga dengan aliran ini vorteks udara dalam silinder akan naik ke atas dengan kecepatan tinggi. Dengan jalan ini maka energi yang dapat diekstrasi oleh kincir angin propeller menjadi lebih besar. Sampai pada saat ini kincir angin vorteks terbatas masih dalam taraf 
Image of page 11
percobaan. Dan melihat sistem dan konstruksinya maka biaya investasinya akan mahal. Dari beberapa jenis kincir angin yang telah disebutkan diatas terlihat pada masing-masing kincir angin mempunyai karakteristik yang berbeda-beda.
Image of page 12
Image of page 13

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 13 pages?

  • Spring '16
  • Lent

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors