Cyber Defence.pdf

Sekilas perang siber cyber warfare perang di dunia

  • No School
  • AA 1
  • 5

This preview shows page 1 - 3 out of 5 pages.

Sekilas Perang Siber ( Cyber Warfare ) Perang di dunia siber merupakan perang yang sudah menggunakan jaringan komputer dan Internet atau ranah siber ( cyber space ) dalam bentuk strategi pertahanan atau penyerangan sistim informasi lawan. Perang siber mengacu pada penggunaan fasilitas www ( world wide web ) dan jaringan komputer untuk melakukan perang di dunia maya. Pelakunya memanfaatkan teknologi komputer dan internet untuk saling bersaing dan menguasai, mengganggu, menghentikan komunikasi dan bahkan merubah arus informasi dan isi serta berbagai tindakan lain yang dapat merugikan dan menghancurkan lawan. Pembentukan opini publik dan internasional terhadap suatu kepentingan baik berupa kampanye, Perlunya Pembangunan Sistem Pertahanan Siber ( Cyber Defense ) yang tangguh bagi Indonesia Oleh : Letkol Chb Ir. Bagus Artiadi Soewardi, M.Si.*)
Image of page 1

Subscribe to view the full document.

32 propaganda serta agitasi kini juga marak dilakukan melalui internet. Kelompok yang berkepentingan tersebut dapat dengan mudah melakukan hal tersebut tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya dan sumber daya seperti halnya di masa lampau. Cyber crime dan cyber war tidak hanya membahayakan keamanan individu dengan terambilnya akses pada aset yang dimiliki. Kejadian yang menonjol antara lain: pencurian identitas dan data (sumber daya informasi) serta pembajakan akun, kasus penyebaran virus yang disisipkan di dalam file dan web site serta kode-kode penting, fitnah, penistaan maupun pencemaran nama baik. Demikian pula dengan spionase industri dan penyanderaan sumber daya informasi kritis yang marak terjadi saat ini. Kesemuanya telah menimbulkan keresahan di masyarakat karena telah hilangnya privasi dan ancaman kehilangan aset serta kekayaan yang dimiliki. Dunia siber juga dapat digunakan sebagai alat politik melalui penyebaran kabar bohong untuk tujuan provokasi politis maupun rekayasa ekonomi. Interkoneksi internet juga memungkinkan terjadinya serangan yang bertujuan melumpuhkan dan menghancurkan sumber daya negara lawan tanpa perlu mendekati objek tersebut. Hal tersebut perlu diwaspadai karena pelakunya bisa beraneka ragam dan saling bekerja sama walaupun memiliki kepentingan yang berbeda. Paradigma keamanan nasional telah bergeser kepada aspek yang lebih luas yaitu termasuk jaminan keamanan pribadi warga negara. Kewajiban pokok dari suatu negara adalah memberikan keamanan terhadap warganyanya tersebut termasuk keamanan dari berbagai kejahatan siber. Data pada Kemkominfo mencatat bahwa rata-rata jumlah serangan dunia maya per hari pada tahun 2011 mencapai 1,25 juta insiden, dimana aktivitas ini cenderung s e m a k i n m e n i n g k a t b e r b a n d i n g lurus dengan p e n g g u n a internet. Setiap saat warga negara dapat merasa terancam pada aset yang d i m i l i k i n y a . Privasi dan b e r b a g a i informasi rahasia dapat dengan mudah dihancurkan oleh para pelaku kejahatan siber ini, dimana bila eskalasinya semakin meluas, dapat membuat keresahan yang meluas pada masyarakat. Dalam jangkauan yang lebih luas, keterbatasan penguasaan teknologi negara dan belum adanya regulasi yang lebih tegas mengenai pertahanan siber dapat membahayakan negara secara nyata.
Image of page 2
Image of page 3
  • Fall '19

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern