Fasilitas ini mulai dari fasilitas pengeboran fasilitas produksi dan fasilitas

Fasilitas ini mulai dari fasilitas pengeboran

This preview shows page 37 - 39 out of 39 pages.

- operasi lapangan.Fasilitas ini mulai dari fasilitas pengeboran, fasilitas produksi, dan fasilitas-fasilitas lain, baik untuk operasi perawatan sumur, penyelesaian sumur, dan logging sumur. 4.5. ASPEK LINGKUNGAN Upaya-upaya untuk mencegah dampak negatif dari kegiatan eksplorasi dan eksploitasi sudah mulai dilakukan sejak tahap perencanaan yakni dengan melakukan studi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) untuk kegiatan yang berdampak penting, dan studi Upaya Pengelolaan Lingkungan (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL) untuk kegiatan yang tidak berdampak penting, serta Pembuatan Standard Operating Procedure (SOP). V. WAKTU PELAKSANAAN Setelah disesuaikan dengan jadwal akademik, waktu penelitian direncanakan selama satu bulan pada bulan Juni – Juli 2019 VI. LOKASI PENELITIAN Kerja Praktek yang kami usulkan ini direncanakan akan dilaksanakan di LAPANGAN RANTAU PT PERTAMINA EP, NANGGROE ACEH DARUSSALAM.
Image of page 37
27 VII. MAHASISWA PEMOHON Nama : Zahra Naabilatul Husna NIM : 071001600122 Program Studi : Teknik Perminyakan, Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi, Universitas Trisakti Jakarta Alamat : Bukit Cimanggu City Blok N1 no 9, Kec. Cibadak, Kel. Tanah Sareal, Kota Bogor. Telepon : 085715152365 Email : [email protected] VIII. PENUTUP Demikian tinjauan pustaka yang diberikan merupakan tinjauan sekilas dari literatur dan teori yang diberikan selama kuliah. Besar harapan bahwa ketiga aspek tersebut dapat benar-benar diaplikasikan di lapangan selama kerja praktek berlangsung dan ilmu maupun pengalaman yang sekarang dimiliki dapat bertambah. Demikian proposal Kerja Praktek ini kami ajukan, atas perhatian dan bantuan yang diberikan kami ucapkan terima kasih.
Image of page 38
DAFTAR PUSTAKA 1. Koesoemadinata, R.P. , “Geologi Minyak-dan Gasbumi”, Jilid I dan II, Penerbit: ITB, Bandung, 1980. 2. Amix, J.W., Bass, D.M.Jr., Whiting, R.L., “Petroleum Reservoir Engineering” , Toronto – London, Mc. Graw-Hill Book Co., 1960 3. Puji Santoso, Anas , “Diktat Kuliah Teknik Produksi I “ ,Jurusan Teknik Perminyakan, UPN “Veteran” Yogyakarta. 4. Rubiandini R.S. , Rudi , “Diktat Kuliah Teknik Pemboran” , HMTM Patra, ITB, Bandung, 1994. 5. - energy/oil/drilling-rig.php 6. Hawkins, B.C. Craft M. , Applied Petroleum Reservoir Engineering Second Edition 28
Image of page 39

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 39 pages?

  • Winter '14
  • ir. sugiatmo kasmungin

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture