Anggota kelompok organisasi harus termotivasi untuk

This preview shows page 30 - 33 out of 163 pages.

Anggota kelompok organisasi harus termotivasi untuk bergabung, melihat kelompok sebagai wadah interaksi, berpartisipasi langsung dalam kegiatan-kegiatan kelompok
22 dan menyetujui kesepakatan dan ketidaksepakatan melalui berbagi interaksi. Sebuah kelompok terdiri atas kelompok formal dan kelompok informal. Kelompok formal ditetapkan oleh struktur organisasi seperti presiden dan menteri, ketua DPR dan anggota komisi. Kelompok informal merupakan kelompok yang dideinisikan sebagai tanggapan terhadap kepentingan akan kontak sosial baik ada tidaknya struktur dan formal atau tidak ditetapkan secara organisasi. Kelompok merupakan bagian kehidupan individu dan organisasi dimana mereka akan terus terlibat dalam proses kelompok yang ditemui dalam suatu organisasi. Ciri-ciri sebuah kelompok antara lain memiliki lebih dari satu anggota, saling berkomunikasi, memiliki tujuan yang sama dan mengganggap dirinya sebagai anggota sebuah kelompok. 2. Dasar-Dasar Perilaku Kelompok Dasar-dasar perilaku kelompok terdiri dari: kondisi eksternal pada kelompok, sumber daya anggota, sumber kelompok, proses kelompok,tugas-tugas kelompok, kinerja dan kepuasan, teori psikologi. a. Kondisi eksternal pada kelompok 1) Startegi organisasi: Tujuan organisasi dan usahanya untuk menapai tujuan tersebut. 2) Struktur otoritas: Penetapan otoritas yang berbeda setiap anggota organisasi. 3) Peraturan formal: ketentuan mengenai aturan, prosedur, kebijakan, dan ragam lain dari peraturan induk membakukan perilaku karyawan. 4) Sumber daya organisasional: Sumber daya inansial, waktu, bahan mentah, serta alat-alat yang diserahkan oleh organisasi pada kelompok.
Syamsu Q.Badu Novianty Djafri & 23 5) Proses seleksi perilaku para personil: Semua persyaratan yang harus dipenuhi calon pegawai dalam proses seleksi yang akan menentukan posisi mereka. 6) Evaluasi kinerja dan sistem ganjaran: Evaluasi terhadap hasil pekerjaan yang telah diselesaikan oleh anggota kelompok yang kemudian diberikan sistem ganjaran terhadap hasil evaluasi yang diperoleh. 7) Budaya organisasi: merupakan standar untuk karyawan mengenai perilaku yang dapat diterima dengan baik dan yang tidak dapat diterima. b. Sumber daya anggota Kemampuan dan karakteristik kepribadian merupakan sumber daya yang sangat diperlukan eksistensinya pada setiap individu. 1) Kemampuan Korelasi antara kecerdasan intelektual dengan relevansi pekerjaan terhadap prestasi kelompok. 2) Karakteristik kepribadian Ada hubungan antara karakterisitik kepribadian yang positif dalam budaya terhadap produktivitas, semangat, dan kekohesifan kelompok. c. Struktur kelompok Terdapat beberapa variabel struktur kelompok dapat membentuk sikap anggota kelompoknya yaitu kepemimpinan formal, peran, norma, status kelompok, ukuran kelompok, dan komposisi kelompok.

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture