Jumlah benih yang dianjurkan untuk setiap ha adalah

This preview shows page 3 - 5 out of 14 pages.

Jumlah benih yang dianjurkan untuk setiap ha adalah 25 kg. Hindari terjadinya kecambah yangjelek, serangan serangga, penyakit, burung dan hewan pengerat. Teknik Budidaya Jagung Persiapan Lahan Pemberian pupuk alami dan kompos pada lahan. Buat bedengan rendah dengan jarak antar bedeng 75 cm. Waktu Tanam dan Kedalaman Tanam Waktu tanam pada saat musim hujan tiba. Masukan 1 benih pada tiap lubang. Kedalaman penanaman tergantung pada jenis tanah, kelembaban dan suhu. Dalam kondisi penanaman yang baik kedalaman ideal adalah 5 cm. Untuk berkecambah benar, setelah benih ditabur, benih-tekan dengan kaki ditekan. Benih bisa masuk lebih dalam di tanah berpasir ‘padatanah berlempung. Tentukan lubang untuk pupuk dasar dengan menggunakan pupuk cangkir setelah benih ditaburkan. Pada suhu udara 24 -34 ° C dan kelembaban tanah yang ideal, benih jagung akan berkecambah 4 -5 hari setelah ditaburkan. Pembersihan Lahan
Image of page 3

Subscribe to view the full document.

Lahan yang akan di tanami jagung harus di bersihkan dari gulma tanaman dan di olah sesuai dengan kebutuhan. Misalnya di lakukan pembajakan, atau di olah dengan menggunakan cangkul dan lain sebagainya. Penolahan tanah juga dapat juga di buatkan bedengan untuk penamaman jagung dan pembuatan saluran irigasi untuk mempermudah saat musim pengairan tiba. Jika masa tanam pada saat musim penghujan tidak perlu lagi memberikan saluran irigasi untuk pengairan. Aplikasi Herbisida Jika herbisida untuk rumput/gulma di lahan tanpa olah tanah harus menggunakan herbisida sistemik. Herbisida sistemik rumput mematikan/gulma sampai keakarnya. Dosis herbisida bahan aktif per liter air yang tercantum pada label kemasan. Dosis herbisida yang digunakan tergantung pada ketebalan rumput/gulma, biasanya digunakan dosis 3 liter/ha larutan semprot atau 400-500/ha. Tiga – empat hari setelah aplikasi herbisida dikendalikan re-rumput/gulma yang belum terkena semprotan. Satu minggu setelah aplikasi herbisida diikuti dengan menanam tanam. Pembuatan Saluran Irigasi Sebelum penanaman dimulai di daerah tadah hujan, pertama kali dibuat saluran irigasi di sekitar tanah dan setiap garis tanah spasi 2m dipotong menggunakan traktor tangan. Saluran ini berfungsi untuk mengairi tanaman saat kekurangan air. Berbeda dengan saluran drainase tanah dibuat kering untuk membuang kelebihan air di musim hujan. Dalam rangka untuk mendapatkan jarak 2m, pertama kali dibuat ukuran ditandai, sehingga saluran irigasi terbentuk lurus. Penanaman Satu minggu setelah penyemprotan rumput / gulma diikuti dengan menanam di mengangkat lebar penanaman tidur 2m (3 baris). Penanaman dilakukan dengan bor 2 biji / lubang. Selanjutnya, lubang tanam langsung ditutup dengan pupuk kandang akan mudah ditembus kecambah tanaman. Hal ini disebabkan kering penguapan air musim lebih tinggi dari musim hujan sehingga dapat mengurangi penguapan air yang digunakan jarak tanam rapat. Jarak yang umum digunakan adalah: 70-75cm x 20cm, 1 tanaman / lubang atau 70-75cm x 40cm, 2 tanaman / lubang dengan populasi = 66.000 untuk 71.000 tanaman / ha.
Image of page 4
Image of page 5
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes