Akuntansi dan Pelaporan Investasi dalam Saham.doc

Kebijakan konsolidasi laporan keuanga konsolidasi

Info icon This preview shows pages 7–9. Sign up to view the full content.

Kebijakan Konsolidasi Laporan keuanga konsolidasi menyediakan berbagai informasi yang tidak terdapat dalam laporan keuangan terpisah perusahaan induk, dan laporan konsolidasi biasanya diwajaibkan untuk menyajikan yang wajar posisi keuangan dan hasil operasi dari satu kelompok perusahaan-perusahaan berafiliasi. Kondisi yang lazim untuk konsolidasi adalah ke[emilikan lebih dari 50 persen saham berhak suara perusahaan lain. Berdasarkan PSAK No. 4, “Laporan Keuangan Konsolidasi,” Paragraf 06, perusahaan anak tidak dikonsolidasi jika (1) pengendalian dimaksudkan untuk sementara, karena saham perusahaan anak dibeli dengan tujuan untuk dijual atau dialihkan dalam jangka pendek. Atau (2) perusahaan anak dibatasi oleh suatu restriksi jangka panjang sehingga mempengaruhi secara signifikan kemampuannya dalam menstransfer dana kepada perusahaan induk. Perusahaan anak yang tidak dikonsolidasikan tersebut harus dipertanggung jawabkan oleh perusahaan induk sebagaimana perusahaan anak lainnya sesuai dengan PSAK No. 13. NERACA KONSOLIDASI PADA TANGGAL AKUISISI Entitas terkonsolidasi adalah suatu entitas pelaporan tidak nyata (konseptual). Hal ini didasarkan pada asumsi bahwa entitas-entitas yang terpisah secara hokum dan akuntansi dari sebuah perusahaan-perusahaan anak dapat digabungkan menjadi satu perangkat laporan keuangan yang bermanfaat untuk tujuan pelaporan eksternal. Penting untuk dicatat bahwa entitas terkonsolidasi adalah suatu entitas pelaporan tidak nyata yang tidak mempunyai transaksi-transaksi dan tidak menyelenggarakan buku besar. Induk Memperoleh 100 Persen Perusahaan Anak pada Nilai Buku Perbedaan utama antara neraca perusahaan terpisah. Neraca konsolidasi bukan hanya hasil penjumlahan saldo-saldo akun perusahaan-perusahaan terafiliasi. Akun-akun yang resiprokal dieliminasi dalam proses konsolidasi dan hanya akun-akun yang tidak resiplokal yang digabung. Modal saham yang tampak dalam neraca konsolidasi adalah modal saham perusahaan induk, dan saldo laba konsolidasi adalah saldo laba perusahaan induk. Induk Memperoleh 100 Persen Perusahaan Anak dengan Goodwill Ayat jurnal yang terdapat dalam jurnal ini hanyalah penyesuaian dan eliminasi dalam kertas kerja dan tidak dicatat dalam akun perusahaan induk atau perusahaan anak. Ayat jurnal tersebut tidak akan pernah dijurnal dan diikhtisakan. Tujuan ayat jurnal tersebut hanyalah mempermudah penyelesaian kertas kerja untuk mengkonsolidasi perusahaan induk dan perusahaan anak pada dan untuk periode yang terakhir pada tanggal tertentu. Perusahaan Induk Memperoleh 90 Persen Perusahaan Anak dengan Goodwill Hak Minoritas Di Indonesia, cara penyajian hak minoritas diatur dalam PSAK No. 4, “Laporan Keuangan Konsolidasi” paragraph 25, yaitu : “Hak minoritas ( minority interest ) harus disajikan terpisah dalam neraca konsolidasi antara kewajiban dan modal. Hak minoritas dalam laba disajikan terpisah dalam laporan rugi konsolidasi”.
Image of page 7

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

8 NERACA KONSOLIDASI SETELAH AKUISISI Saldo-saldo akun baik perusahaan induk maupun perusahaan anak berubah untuk merefleksikan operasi masing-masing setelah hubungan induk anak dibentuk.
Image of page 8
Image of page 9
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.
  • Spring '06
  • Dosen FMIPA

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern