Metode penelitian metode penelitian adalah cara

Info icon This preview shows pages 6–8. Sign up to view the full content.

Metode Penelitian Metode penelitian adalah cara ilmiah untuk mengumpulkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif. Metode kualitatif merupakan metode yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah dimana peneliti sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan dengan trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kuantitatif dan hasil penelitian kualitatif menekankan pada makna dari pada generalisasi.
Image of page 6

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

Desain Penelitian Pada desain penelitian ini menggunakan desain penelitian yang bersifat deskriptif. Desain penelitian deskriptif yaitu metode desain penelitian dengan mengumpulkan, menjelaskan, dan menganalisa data yang di peroleh dan menggali setiap permasalahan yang ada di dalamnya dengan harapan dapat memperoleh pengetahuan baru sehingga dapat mengambil kebijakan informasi. Jenis dan Metode Pengumpulan Data Dalam melakukan penelitian pada jasa pencucian pakaian Anya Laundry peneliti menggunakan data dari dua sumber yaitu data primer dan data sekunder. Sumber Data Primer Data primer yang digunakan pada penelitian ini di dapatkan melalui identifikasi dan informasi langsung dari pihak Anya Laundry. Untuk mendapatkan data yang mendukung pada penelitian ini maka sumber data primer yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara dan observasi. 1. Observasi Observasi merupakan teknik pengumpulan data dengan cara mengamati secara langsung terhadap obyek penelitian guna mendapatkan fakta pada lokasi penelitian. Dalam lokasi penelitian peneliti mengamati secara langsung kinerja pada bagian pelayanan seperti melihat transaksi antara pelanggan dengan bagian pelayanan untuk mendapatkan data – data yang akurat. 2. Wawancara Wawancara merupakan pertemuan dua orang untuk bertukar informasi dan ide malalui tanya jawab, sehingga dapat dikontruksikan makna dalam suatu topik tertentu. Dalam wawancara ini menanyakan beberapa hal seperti alur dokumen yang mengalir, pembuatan laporan dan sebagainya. Sumber Data Sekunder Data sekunder merupakan pengumpulan data dengan cara mempelajari hasil dari dokumentasi yang dikumpulkan/diberikan dari pihak jasa cuci baju Anya Laundry. Adapun dokumen – dokumen yang di dapatkan seperti catatan pelanggan harian, struk pencucian baju dan serta beberapa data lainnya. Metode Pendekatan Sistem Metode pendekatan sistem yang digunakan adalah metode pendekatan terstruktur. Tujuan pendekatan terstruktur adalah agar akhir pengembangan perangkat lunak dapat memenuhi kebutuhan pengguna, dilakukan tepat waktu, mudah dipergunakan, mudah dipahami dan mudah dirawat. Metode Pengembangan Sistem Metode pengembangan sistem yang penulis gunakan adalah model proses prototype . Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah dalam melakukan pengembangan terhadap sistem yang dibuat. Metode prototype dirancang agar dapat menerima perubahan- perubahan dalam penyempurnaan prototype yang sudah ada.
Image of page 7
Image of page 8
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern