Sehingga dapat disimpulkan inflasi Indonesia masuk ke dalam stadium awal dari

Sehingga dapat disimpulkan inflasi indonesia masuk ke

This preview shows page 35 - 37 out of 90 pages.

Sehingga dapat disimpulkan inflasi Indonesia masuk ke dalam stadium awal dari hyperinflation . 32 Sedangkan kondisi inflasi di Indonesia setelahnya pada periode penelitian ini tahun 2004 sampai dengan tahun 2014 dapat dilihat pada Gambar 1. Pada dasarnya setelah terjadi krisis ekonomi di 32 Atmadja, op.cit, hlm 59. Indonesia, secara bertahap perekonomian Indonesia mulai pulih. Pemulihan perekonomian ini dapat dilihat pada pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mulai berangsur pulih dan mengalami pertumbuhan ekonomi yang positif. Jika pada saat tahun 1998 pertumbuhan ekonomi mengalami -13,12 %, maka tahun berikutnya pertumbuhan ekonomi mulai positif. Tren pertumbuhan ekonomi yang awalnya negatif berangsur pulih dan mengalami tren positif. (Lihat Gambar 9) Seiring dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi dan perekonomian semakin baik, maka laju inflasi pada periode penelitian yaitu tahun 2004 sampai dengan tahun 2014 mulai menunjukkan tingkat infasi yang stabil dan rendah. Hal ini dapat terlihat dari Inflasi di Indonesia mengalami perkembangan yang naik turun periode tahun 2004-2014 (Lihat Gambar 10). Pada tahun 2004, pada masa pemerintahan Presiden Susilo bambang Yudhoyono relatif berada pada level yang stabil yaitu rata-rata sekitar 6,05% per tahun. Sedangkan pada tahun berikutnya mengalami peningkatan yang cukup signifikan akibat dampak kebijakan kenaikan harga BBM di Indonesia, sehingga inflasi secara nasional menjadi 10,4%. Kondisi tersebut terus meningkat hingga akhir tahun 2006. Pada periode tahun 2009-2012, inflasi nasional berada pada level yang rendah dan stabil sekitar 4-5% per tahun. Yang menarik bahwa pada tahun 2014, khususnya pada kuartal ke-3 tahun 2014 kembali terjadi tekanan terhadap inflasi. Namun kali ini tekanan inflasi tahun 2014 bersumber dari kelompok 33
Image of page 35
Ari Mulianta Ginting Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Inflasi: Studi Kasus di Indonesia Periode Tahun 2004-2014 49 Gambar 9. Perkembangan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Periode 1990-2014 Sumber : World Bank (2015) administered prices yang meningkat dari tahun 2013. Tekanan inflasi 2014, terutama bersumber dari inflasi kelompok administered prices yang meningkat 17,57% dari 16,65% pada tahun 2013. Tingginya tekanan inflasi tersebut terkait dengan upaya reformasi subsidi energi yang mencakup Liquefied Petroleum Gas (LPG), Tarif Tenaga Listrik (TTL), dan Bahan Bakar Minyak (BBM). Perubahan kebijakan tersebut menyebabkan salah satunya adalah terjadi perubahan harga BBM, seperti Premium dan Solar. Inflasi Regional Inflasi yang terjadi Indonesia merupakan kumpulan dari inflasi yang terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia. Jika berbiara inflasi regional, secara tren perlambatan inflasi terjadi di hampir seluruh kawasan di Indonesia. Pada tahun 2014, perlambatan inflasi yang paling dalam tercatat di Kalimantan dan Sumatera, diikuti oleh Jawa (Gambar 10). Sementara inflasi di Kawasan Timur Indonesia (KTI) justru tercatat lebih tinggi. Kebijakan harga di kelompok adminsitered prices memberikan dampak yang berbeda di setiap kawasan. Hal ini terkait dengan perbedaan kondisi di setiap kawasan, baik dari aspek konektivitas, struktur pasar, serta kebijakan daerah. Jika dibandingkan
Image of page 36
Image of page 37

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 90 pages?

  • Winter '12
  • James

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes