5 Transportasi Peralatan yang duluan dipasang dilokasi itulah yang duluan

5 transportasi peralatan yang duluan dipasang

This preview shows page 11 - 15 out of 38 pages.

5) Transportasi Peralatan yang duluan dipasang dilokasi itulah yang duluan dibawa. Hal ini untuk menghindari penumpukan peralatan di lokasi, mengingat ruang yang terdapat dilokasi terbatas. Pengiriman peralatan dilakukan dengan 2 jalur, yaitu: 1) Transportasi Melalui Darat
Image of page 11
12 Pengiriman peralatan melalui darat biasanya dilakukan dengan menggunakan trailers. Untuk daerah tertentu misalnya padang pasir pengiriman perlatan dengan cara “skidding”. 2) Transportasi Melalui Air Bila lokasi pengeboran berada di daerah berpaya atau dapat didekati dengan sarana air, pengiriman rig dapat dilakukan dengan kapal khusus. 3) Transportasi Melalui Udara Apabila pengiriman peralatan melalui darat maupun air tidak praktis atau kondisi geografisnya tidak memungkinkan maka pengiriman dilalaukan melalui udara. Jika menggunakan pesawat, maka di lokasi harus disiapkan cukup lahan untuk landasannya tetapi jika tidak memungkinkan membuat landasan dilakukan dengan helikopter. 6) Rig Up Rig Up adalah merangkai peralatan pengeboran di lokasi, dan mendirikan menara. Tahap pertama adalah mulai memasang substructure setelah pembuatan cellar selesai. Pada saat pemasangan substructure, landasan dari rig telah dipasang, prime mover dan drawwork telah dipasang. Selanjutnya, melaksanakan pemasangan over head tools pada posisinya setelah pemasangan drilling line selesai salah satu ujungnya disambungkan pada drawwork. Ini dapat digunakan membantu mendirikan rig. Didalam pengeboran ada 2 pelaku, yaitu: 1) Oil Company Oil company adalah perusahaan yang memiliki blok migas di Indonesia, selain itu mereka juga yang memproduksi, mengelolah dan menjualnya.
Image of page 12
13 2) Oil Service Oil service adalah perusahaan yang memiliki SDM yang sesuai di bidangnya (surveyor) dan memiliki alat untuk produksi. Di pemboran terdapat beberapa crew, yaitu: Teknologi Pemboran Ada beberapa teknologi dalam pengeboran, yaitu: 1) Pengeboran Tumbuk 2) Pengeboran Putar dengan Injeksi 3) Pengeboran Sistem Kelly 4) Pengeboran Sistem Top Drive 5) Cyber Drilling Jenis-jenis Pengeboran Di pengeboran juga dikenal beberapa jenis pengeboran, yaitu: A. Pengeboran Berdasarkan Tujuannya: 1) Pengeboran Eksplorasi Pengeboran Eksplorasi adalah untuk membuktikan suatu cekungan terdapat minyak dan gas bumi. Data-data pengeboran belum ada sehingga memerlukan perencanaan yang memperhitungkan kemungkinan-kemungkinan hambatan selama proses pengeboran. Sumur eksplorasi sering disebut sebagai sumur “Wild Cat”. 2) Pengeboran Deliniasi
Image of page 13
14 Pengeboran ini bertujuan untuk mengetahui penyebaran reservoar, mencari batas-batas, serta ketebalan reservoar. Pengeboran ini relatif sudah ada data sumur sehingga biaya pengeboran dan konstruksi sumur sudah dapat diperhitungkan. 3) Pengeboran Eksploitasi Pengeboran ini bertujuan untuk meningkatkan pengurasan terhadap reservoar produksi sekaligus meningkatkan produksi.
Image of page 14
Image of page 15

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 38 pages?

  • Spring '17
  • own

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes