Tentu saja hutang yang dicatat adalah hutang yang berasal dari transaksi

Tentu saja hutang yang dicatat adalah hutang yang

This preview shows page 9 - 11 out of 12 pages.

Itulah beberapa pekerjaan yang harus dilakukan oleh seorang Staff AP atau staff Hutang ini. Tentu saja hutang yang dicatat adalah hutang yang berasal dari transaksi pembelian secara kredit untuk memenuhin kebutuhan hotel bukan hutang yang timbul dari transaksi pembelian secara kredit yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan personal seperti contoh : General Manager membeli TV Plasma 32 Inch untuk rumah pribadinya secara kredit melalui salah satu supplier hotel , Hutang yang timbul dari transaksi pembelian tersebut tidak dimasukkan ke dalam hutang hotel, karena transaksi tersebut bukan untuk pemenuhan kebutuhan hotel. Jadi didalam melakukan pencatatan Hutang, sebaiknya seorang staff AP mengetahui tujuan dan kegunaan dari transaksi pembelian tersebut apakah untuk pemenuhan kebutuhan diri sendiri atau pemenuhan kebutuhan unit hotel sehingga tidak terjadi salah pembukuan yang bisa mengakibatkan hutang hotel menjadi meningkat. 201 9 9 Akuntansi Perhotelan Pusat Bahan Ajar dan eLearning Putri Dwi Wahyuni, SE.,M.Ak
Image of page 9

Subscribe to view the full document.

10 Langkah Pencatatan Transaksi Pembelian Kredit Hotelier.co.id–tidak semua transaksi pembelian untuk memenuhi kebutuhan hotel dilakukan secara tunai atau cash, untuk transaksi yang jumlahnya puluhan juta hingga ratusan juta biasanya dilakukan secara Kredit. Mengapa demikian? Transaksi pembelian secara kredit dilakukan untuk menjaga aliran kas (cash flow) unit hotel sehingga kas yang seharusnya digunakan untuk membayar tunai transaksi pembelian tersebut bisa dialokasikan ke pos pembayaran yang lain seperti pembayaran utilitas (listrik, PDAM,telepon, dan internet). Didalam mencatatkan transaksi pembelian secara kredit terdapat langkah-langkah yang dilakukan oleh seorang staff utang atau Account Payable Staff. Langkah-langkah pencatatan utang milik hotel : Langkah pertama : Alur transaksi pembelian barang dimulai oleh bagian purchasing, Purchasing membuat Purchase Order untuk dikirimkan ke Supplier. Purchase Order tersebut memuat termin pembayaran seperti n/30 ( dibayar setelah 30 hari), atau n/15 (dibayar setelah 15 hari) Langkah kedua : Supplier kemudian mengirimkan barang beserta lampiran nota (nota tembus) Langkah ketiga : Barang yang dikirim oleh supplier selanjutnya diterima oleh bagian penerima barang untuk diverifikasi dengan standar barang hotel. Apabila kualitas barang tersebut sesuai dengan Standar kualitas barang , Receiver atau penerima barang akan membuatkan Receiving Report atau laporan penerimaan barang. Langkah keempat : Nota tembus dari Supplier, Purchase Order dari Purchaser, dan Receiving Report dari Receiver kemudian diserahkan ke Cost Control untuk diverifikasi kevalidan data dan nilai uang transaksi tersebut. Langkah kelima : Setelah Cost Control melakukan verifikasi, 3 Dokumen diatas kemudian diserahkan ke bagian hutang dalam hal ini Staff Account Payable untuk dilakukan pencatatan dan pembukuan Langkah keenam : Staff Account Payable tersebut akan membuat jurnal transaksi pembelian kredit Langkah ketujuh : Staff Account Payable kemudian mencatatkan transaksi tersebut pada AP mutation atau mutasi hutang pada buku pembantu utang.
Image of page 10
Image of page 11
  • Fall '16

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes