Course Hero Logo

Membutuhkan proses pemasaran yang terus menerus serta

Course Hero uses AI to attempt to automatically extract content from documents to surface to you and others so you can study better, e.g., in search results, to enrich docs, and more. This preview shows page 3 - 5 out of 5 pages.

membutuhkan proses pemasaran yang terus menerus serta penjualan secaralangsung. Contoh produk Unsought product adalah asuransi jiwa, ensklopedia, dan produk lainnya.6.Perusahaan yang melakukan segmentasi pasar akan membagi produknya berdasarkan spesifikasi dari tiap kebutuhan pasar yang dituju. Produk – produk dari perusahaan yang melakukan segmentasi pasar akan berbeda spesifikasinya untuk tiap-tiap segmen pasar yang dituju.Untuk pemilihan segmentasi pasar, menurut saya akan baik apabila dilaksanakan sesuai Analisa SWOT yang telah dijelaskan diatas sehingga pasar yang dituju akan menjadi pasar yang paling besar kemungkinan penjualan dan paling minim resikonya untuk perusahaan.7.Perbedaan:a.Strategi pemasaran tanpa pembeda ( undifferentiated marketing )Strategi pemasaran undifferentiated marketing ini, hanya menawarkan satu macam produk dan mencakup seluruh pasar. perusahaan bertujuan untuk menanamkan image kuat produknya kepada para konsumen, tanpa membedakan target pasar. Umumnya, perusahaan melihat pangsa pasar secara keseluruhan tanpa membedakan target pasar tertentu. Undifferentiated marketing (pemasaran tanpa pembeda) dipilih para pelaku bisnis dengan pertimbangan biaya penerapan strategi undifferentiated marketing lebih kecil dibandingkan pemasaran dengan differentiated marketing (membedakan target pasar). Startegi Pemasaran tanpa membedakan target pasar lebih mengandalkan produksi, distribusi dan strategi promosi secara massal, sehingga bisa menghemat biaya.Namun, strategi pemasaran undifferentiated marketing (pemasaran tanpa pembeda) tersebut juga memiliki kekurangan. Karena mayoritas pelaku bisnis
yang tidak membedakan konsumen, maka para pelaku bisnis akan memilih target pasar yang paling luas untuk menawarkan produknya. Tentunya, jika banyak pelaku bisnis yang memilih cara marketing tersebut, maka persaingan bisnis pun semakin ketat.b.Strategi pemasaran dengan pembeda ( differentiated marketing )Adalah strategi marketing dengan membedakan target pasar sesuai kebutuhan konsumen. Berbagai variasi kebutuhan yang dibutuhkan para konsumen, menjadi faktor pendorong pelaku bisnis membedakan target pasar mereka. Jika pemasaran tanpa pembeda hanya memproduksi satu macam produk, pemasaran dengan pembeda memproduksi berbagai macam produk yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat para konsumen.Pembedaan produk bisa dikategorisasikan berdasarkan letak geografis konsumen,style atau gaya hidup, umur, jenis kelamin, tingkat pendapatan, bahkan bisa juga dibedakan berdasarkan tingkat pendidikan para konsumen. Upaya pembedaan target pasar ini bertujuan agar loyalitas konsumen terhadap suatu produk lebih kuat, karena perusahaan menawarkan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen. Salah satu contoh startegi differentiated marketing adalah dari produk mie instan, mereka mengembangkan usahanya dengan membedakan varian rasa produk berdasarkan selera para konsumen.

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

End of preview. Want to read all 5 pages?

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

Term
Fall
Professor
Syhadi
Tags

Newly uploaded documents

Show More

Newly uploaded documents

Show More

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture