USAHID S2 MKTG GLOBAL.docx

Keseluruhan produk tersebut juga sama sama berinovasi

This preview shows page 4 - 6 out of 6 pages.

merupakan campuran susu. Keseluruhan produk tersebut juga sama-sama berinovasi dalam hal rasa dan penyajian yang instan. Dari penjelasan tersebut produk kopi dapat tergantikan atau disubstitusi oleh produk lain seperti minuman berkarbonasi, teh dan susu yang juga memiliki pasar baik domestik maupun internasional. c. Daya Tawar Pemasok Penyedia bahan baku, untuk PT. Santos Jaya Abadi berasal dari petani kopi, berdasarkan hal tersebut pemasok tidak memiliki cukup kekuatan untuk melakukan pengubahan harga, sehingga kekuatan tawar-menawarnya juga rendah. Namun, seperti yang dilakukan oleh Nestle Indonesia bahwa pemasok tetap memiliki porsi bargaining sehingga perusahaan dapat melakukan kegiatan Corporate
Image of page 4

Subscribe to view the full document.

Social Responsibility (CSR) dalam bentuk fasilitas petani di berupa peralatan penunjang pra maupun pascapanen d. Daya Tawar Pembeli atau Konsumen Indikator yang memengaruhi kekuatan daya tawar konsumen adalah volume konsumen, produk substitusi dan kemampuan diferensiasi produk. Industri kopi juga dijalankan oleh banyak perusahaan sehingga barang tersedia dalam jumlah besar dan beraneka ragam variasi dan rasa. Selain itu, diferensiasi produk juga terjadi dalam industri kopi seperti diferensiasi produk yang dilakukan oleh PT. Javaprima Abadi melalui Luwak White Koffie. Maka dari penjelasan tiga indikator kekuatan daya tawar konsumen di atas, dapat disimpulkan bahwa daya tawar pembeli atau dalam hal ini industri pengolahan kopi bersifat lemah. e. Persaingan Antar Industri yang Sama , Pertumbuhan industri pengolahan kopi terus meningkat baik dalam bentuk kopi instan, kopi tubruk, kopi specialty serta coffee shop. Diawali tahun 1927, PT. Santos Jaya Abadi memulai industri kopi besar di Indonesia. Tahun 1969 hadir industri kopi skala lokal yaitu PT. Java Prima Abadi yang kemudian ikut mendominasi produk White Coffeee. Kemudian hadir Nestle Indonesia dengan menghadirkan merk Nescafe. Selain itu, hadir perusahaan makanan yang juga mendominasi produk kopi di Indonesia seperti PT. Mayora Indah Tbk melalui merk Kopiko dan Torabika serta PT. Wings Food melalui merk TOP Coffeee. Berdasarkan uraian terkait kelima kekuatan bersaing industri kopi yang dikaitkan dengan strategi bersaing generik yang dikemukakan oleh Porter untuk mencapai suatu keunggulan kompetitif adalah strategi kepemimpinan biaya, strategi fokus dan strategi diferensiasi, karena itu strategi yang mampu diterapkan yaitu strategi diferensiasi produk. Strategi diferensiasi dalam hal inovasi produk dibanding dengan pesaing. 5. Peranan Pemerintah Kebijakan pemerintah yang terkait dengan pembangunan perkebunan komoditi kopi harus mampu mendukung daya saing kopi. Berikut ini kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan pengembangan industri kopi domestik: Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2008 Tentang Kebijakan Industri Nasional.
Image of page 5
Image of page 6
  • Fall '19

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern