HTM sebagai pemeriksa sekaligus yang melaporkan adanya kesalahan dalam

Htm sebagai pemeriksa sekaligus yang melaporkan

This preview shows page 12 - 14 out of 17 pages.

HT&M sebagai pemeriksa sekaligus yang melaporkan adanya kesalahan dalam pencatatan laporan keuangan perusahaan tsb bisa saja dinyatakan bersalah karena mereka sebagai seorang akuntan seharusnya bisa membedakan mana laporan keuangan yang fiktif atau tidak dan walupun telah bebas dari kesalahan terlibat dalam manipulasi laporan keuangan tsb tetapi HT&M juga dianggap bersalah karena lalai dalam melakukan tugas mereka dan menyesatkan public dan investor karena menyetujui laporan keuangan yang salah. 2.4. Indikasi Permasalahan Dalam kasus ini, kepentingan publik Hans Tuanakota dan Mustofa (HT&M), di duga telah bekerja sama melakukan rekayasa laporan keuangan PT Kimia Farma dengan manajemen Kimia Farma. HT&M memberikan opini wajar tanpa pengecualian atas tahun buku 2001, akan tetapi hal ini ternyata tidak terbukti dan HT&M dianggap tidak ikut terlibat dalam perekayasaan laporan keuangan ini. Tetapi, HT&M juga dikenai denda sebesar Rp100.000.0000 karena telah lalai untuk menemukan kesalahan pencatatan laporan keuang 9
Image of page 12

Subscribe to view the full document.

an tersebut, walaupun HT&M telah bekerja sesuai dengan Standar Profesional Akuntan Publik (SPAP), namun dalam hal ini kecurangan yang dilakukan oleh PT Kimia Farma dalam rekayasa peningkatan laba adalah suatu tindak kecurangan yang disengaja ( fraud ) atau penggelapan. Prinsip tanggung jawab profesi Dalam melaksanakan tugasnya HT&M telah melakukan pelanggaran terhadap standar profesional akuntan publik (SPAP) berkenaan dengan hasil laporan audit atas laporan keuangan PT. Kimia Farma tahun 2002. Prinsip kepentingan publik Diduga oleh Bapepam bahwa Hans Tuanakota & Mustofa sebagai auditor PT. Kimia Farma dengan pihak manajemennya telah melakukan kebohongan publik dengan tidak melaporkan laporan keuangan kimia farma secara jujur. Hal ini dibuktikan bahwa adanya kejanggalan yang terletak pada perbedaan selisih laporan keuangan pada pemeriksaan berikutnya. Prinsip objektivitas Adanya rekayasa peningkatan laba penjualan oleh manajemen untuk menaikkan prestasi serta meningkatkan performa saham ketika akan diinvestasi. Dalam hal ini, HT&M sebagai auditor telah lalai untuk menemukan kesalahan pencacatan laporan keuangan tersebut. Prinsip integritas Pada periode 2001, HT&M dengan pihak manajemen HT&M telah mengaudit dan memberikan opini wajar tanpa pengecualian atas laporan keuangan PT. Kimia Farma. Namun, pada proses audit periode 2002 ditemukan selisih pendapatan. Sehingga auditor dianggap terlibat dalam praktik rekayasa akuntansi kimia farma karena mengeluarkan opini yang tidak sesuai. Prinsip perilaku profesional Dalam hal ini, HT&M telah berperilaku tidak profesional dalam mendeteksi adanya rekayasa dalam peningkatan laba yang dilakukan oleh PT. Kimia Farma Tbk. Sehingga menimbulkan reputasi yang buruk terhadap perusahaan dan profesi akuntan lainnya.
Image of page 13
Image of page 14
  • Fall '19
  • Pwartha Dharma

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes