Untuk rumus menghitung pertumbuhan ekonomi berdasarkan GDP pun dasarnya sama

Untuk rumus menghitung pertumbuhan ekonomi

This preview shows page 16 - 19 out of 22 pages.

Untuk rumus menghitung pertumbuhan ekonomi berdasarkan GDP pun dasarnya sama dengan menggunakan GNP, dimana dilihat perbandingan antara GDP di periode tersebut terhadap GDP di periode sebelumnya. Misalnya Anda ingin mengetahui persentase pertumbuhan ekonomi di tahun 2015, maka Anda perlu memiliki data GDP di tahun 2015 dan GDP di tahun 2014. Berikut adalah visualisasi perhitungan pertumbuhan ekonomi berdasarkan GNP atau PDB suatu negara: Keterangan: R:Persentase pertumbuhan ekonomi suatu negara GDP : GDP/PDB suatu negara dalam tahun tersebut (yang akan dihitung) GDPy-1: GDP/PDB suatu negara pada tahun sebelumnya. D. Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi 1. Sumber Daya Manusia Untuk menentukan hal yang paling penting dari pertumbuhan ekonomi di suatu negara ialah dengan memperhitungkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang tersedia secara langsung untuk dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Kualitas sumber daya manusia dapat dilihat pada ilmu keterampilan, kemampuan kreatif, pelatihan, dan pendidikan yang dimilikinya. Jika suatu negara memiliki sumber daya manusia yang baik. Jika sumber daya manusia
Image of page 16
suatu negara terampil dan terlatih maka output yang dihasilkan juga akan berkualitas tinggi. Namun, kekurangan akan sumber daya manusia yang terampil dapat menghambat pertumbuhan ekonomi, sedangkan surplus akan sumber daya manusia ini akan kurang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Maka dari itu, sumber daya manusia suatu negara harus sebanding antara jumlahnya dengan keterampilan dan kemampuan yang dibutuhkan, sehingga akan tercapainya pertumbuhan ekonomi. 2. Sumber Daya Alam Sumber daya alam dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu negara. Sumber daya alam ialah sumber daya yang telah tersedia di alam, baik di darat ataupun di bawah laut. Sumber daya alam yang dimiliki suatu negara sesuai dengan kondisi iklim dan lingkungan di negara tersebut. Negara yang memiliki banyak sumber daya alam dapat menikmati pertumbuhan yang baik dibandingkan dengan negara-negara yang sumber daya alamnya sedikit. Pemanfaatan sumber daya alam secara efisien atau eksploitasi itu terjadi tergantung dengan keterampilan dan kemampuan sumber daya manusia dalam memanfaatkannya, dan teknologi yang digunakan serta ketersediaan dana yang mencukupi. Sebuah negara yang memiliki sumber daya manusia yang terampil dan terdidik dalam pemanfaatan sumber daya alam yang kaya, hal ini akan menunjukkan status perekonomian mengalami pertumbuhan. 3. Pembentukan Modal Pembentukan modal terdiri dari tanah, bangunan, mesin, listrik, transportasi, dan media komunikasi. Pembentukan modal ialah proses memproduksi dan memperoleh semua produk buatan manusia. Pembentukan modal dapat meningkatkan ketersediaan modal untuk tenaga kerja, yang dapat meningkatkan rasio modal atau tenaga kerja.
Image of page 17
Akibatnya, meningkatnya produktivitas tenaga kerja, yang dapat menghasilkan peningkatan output serta pertumbuhan ekonomi suatu negara.
Image of page 18
Image of page 19

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 22 pages?

  • Spring '14

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture