Bervariasinya hujan baik dalam jumlah intensitas dan

This preview shows page 5 - 8 out of 15 pages.

Bervariasinya hujan, baik dalam jumlah, intensitas, dan waktu datangnya hujan merupakan penyebab sulitnya memprediksi waktu tanam atau mengatur pola tanam yang diakibatkan oleh ketersediaan air yang bersifat fluktuatif (Rahim, 2015). Setiap tahun daerah-daerah di Indonesia mengalami musim kemarau yang dapat Menyebabkan cekaman lingkungan dan dapat berdampak negatif bagi tanaman. Cekaman lingkungan dapat digunakan sebagai strategi untuk mengoptimalkan produksi senyawa tertentu pada tanaman. Faktor lingkungan Seperti cekaman defisit air dapat meningkatkan metabolit sekunder pada tanaman. Respon tanaman terhadap cekaman defisit air selain menurunkan produktivitas,
Image of page 5

Subscribe to view the full document.

meningkatkan kadar K dan asam amino prolin, juga dapat meningkatkan produk metabolit sekunder. Pengaruh cekaman defisit air dalam meningkatkan aktivitas metabolisme sekunder, akan meningkatkan mutu dan tanaman (Trisilawati, 2012). Cekaman defisit air dapat merubah keseimbangan oksidatif sel-sel tanaman dan penyesuaian terhadap cekaman kekeringan pada umumnya berkorelasi dengan kestabilan active oxygen species (AOS). Cekaman lingkungan dapat Digunakan sebagai strategi untuk mengoptimalkan produksi senyawa-senyawa tertentu pada tanaman. Untuk bisa mengaplikasikan fenomena peningkatan bahan aktif melalui stimulasi cekaman defisit air di lapangan, diperlukan pendekatan yang tepat, diantaranya adalah melalui pengaturan tanam dan ketepatan fluktuasi status air tanah yang diinginkan namun perlu pengkajian lebih lanjut untuk bisa menemukan kelayakan praktikal dan nilai eknomisnya (Trisilawati, 2012). Defisit air yang terjadi pada tahapan periode pertumbuhan tertentu, menyebabkan respons tanaman juga akan berbeda tergantung pada kepekaan ( sensitivity ) terhadap tanaman pada tahapan pertumbuhan tersebut. Secara umum tanaman lebih peka terhadap defisit air pada saat perioda terjadinya perkecambahan, pembungaan dan awal pembentukan hasil (yield formation ) dari pada awal vegetatif dan pematangan pada tanaman (Fuadi, 2016). 2.3 Faktor Penyebab Defisit Air Air menjadi pembatas pertumbuhan apabila defisit air tanah mulai mempengaruhi proses pertumbuhan dan pembentukan biji. Nilai dari defisit air pembatas pertumbuhan ( Limiting Soil Deficit , LWD) selain ditentukan oleh daya jerap air dan sifat-sifat fisik tanah, juga oleh kemampuan perakaran tanaman dalam menjerap air. Defisit air pembatas pertumbuhan untuk tanaman kacang-kacangan pada tanah lempung berpasir adalah 30 mm, dimana daya jerap air dari jenis tanah ini relatif rendah. Pada tanah lempung berpasir sebesar 45 mm, yang mana nilai ini diambil dari rataan dari beberapa laporan hasil penelitian pada jenis tanah dan tanaman yang sama (Hidayati, 2000).
Image of page 6
Defisit air menimbulkan pengaruh yang kompleks terhadap tanaman. Secara moroflogi dan fisiologi pengaruh defisit air dapat dilihat dari penampilan luas daun individu, kecepatan muncul daun, aktivitas asimilasi CO 2 , membuka dan menutupnya stomata, kecepatan pertumbuhan biji dan pengisian biji. Penurunan kecepatan fotosintesis akibat stress air ditunjukkan pada beberapa tanaman yang berhubungan dengan penuruanan ketahanan daun. Laju fotosintesis secara langsung pada tanaman yang mengalami cekaman air juga akibat protoplasma dan atau daun
Image of page 7

Subscribe to view the full document.

Image of page 8
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes