Sebab dalam pengaruh internal terdapat faktor

This preview shows page 9 - 11 out of 12 pages.

Sebab dalam pengaruh internal terdapat faktor kepribadian, dimana menurut teori ini kepribadian setiap mahasiswi akan menentukan dan merefleksi bagaimana seseorang memberikan respon terhadap lingkungannya. Jika lingkungan dari mahasiswi tersebut sedang mengalami perubahan gaya berbusana, maka secara otomatis mahasiswi tersebut sebagai anggota lingkungan tersebut akan menyesuaikan diri dengan juga melakukan perubahan terhadap gaya berbusananya sesuai dengan kepribadiannya secara psikologis. Dalam proses penyesuaian inilaih kemudian mahasiswi berusaha untuk memperoleh berbagai perlengkapan penampilannya yang sesuai dengan kepribadiannya seperti membeli
Image of page 9

Subscribe to view the full document.

AntroUnairdotNet, Vol.IV/No.2/Juli 2015, h al 214 baju, jam tangan, atau gelang sebagai aksesoris pendukung penampilan Mahasiswa. Hal ini dilakukan oleh mahasiswa sebagai bentuk penyesuaian diri terhadap lingkungannya dan agar dapat diterima dalam kelompok referensinya. Proses pencarian produk-produk yang digunakan untuk mendukung penampilan mahasiswi inilah yang cukup sulit dilakukan oleh para mahasiswi. Mengingat sebagai seorang mahasiswi tentunya memiliki banyak rutinitas yang cukup menyita waktu, sehingga para mahasiswi tidak memiliki waktu untuk berbelanja. Berbelanja secara online menjadi salah satu alternatif bagi para mahasiswi yang membutuhkan cara memperoleh produk seperti baju dan sepatu untuk mendukung penampilannya secara mudah. Pada kemajuan teknologi saat ini, memang instagram menjadi salah satu aplikasi media sosial yang paling digemari oleh mahasiswi dalam mengunggah foto-foto kesehariannya maupun foto-foto yang kemudian dapat mengundang orang lain untuk menyukai foto tersebut. Eksistensi instagram ini juga didukung dengan semakin banyaknya pengguna aplikasi ini. Hal ini dikarenakan mudahnya akses menuju aplikasi ini dan lebih detailnya menampilkan gambar yang diunggah dalam instagram menjadikan instagram banyak peminatnya. Berbagai tampilan menarik dari produk-produk yang diunggah di instagram membuat konsumen menjadi semakin tertarik untuk membeli produk tersebut. Hal tersebut merupakan salah satu dari karakteristik perilaku konsumtif yang dimiliki oleh mahasiswi. Sebagaimana pendapat yang disampaikan oleh Sumartono dalam Astuti (2013), menunjukkan bahwa ketika konsumen atau mahasiswi tertarik dengan gambar produk yang terdapat dalam instagram yang kemudian menjadikan mahasiswi tersebut tertarik untuk membelinya, maka pembelian barang tersebut dapat dinyatakan karena adanya pengemasan produk yang menarik. Dengan tampilan produk yang menarik tersebut menjadi mahasiswi tertarik untuk melakukan pembelian barang karena terdapat kemasan yang berbeda dari yang lainnya. Kemasan suatu barang yang menarik dan unik akan membuat seseorang membeli barang tersebut.
Image of page 10
Image of page 11
  • Spring '17
  • MISS SAADAH

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern