Tujuannya menghasilkan makanan yang bermutu dan lezat Kesalahan menggunakan

Tujuannya menghasilkan makanan yang bermutu dan lezat

This preview shows page 17 - 23 out of 115 pages.

makanan dan cara memasaknya. Tujuannya, menghasilkan makanan yang bermutu dan lezat. Kesalahan menggunakan bahan baku dan cara mengolahnya, pada masa lalu, sekarang dan akan datang, akan menghasilkan produk yang tidak berkualitas baik. Bahkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitaspun adalah produk dari “sistem pendidikan yang baik” di jamannya. Dalam masa sekarang dan kedepan, kualitas pendidikan sangat ditentukan penerapan manajemen mutu pendidikan. Dengan demikian, manajemen mutu hakekatnya ada sepanjang sejarah manusia.
Image of page 17
11 Modul Manajemen Mutu Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Gambar 2 Produk Makanan Berkualitas (sumber: ) Gambar 3 Ukuran dan Tuntutan untuk Berkualitas
Image of page 18
12 Modul Manajemen Mutu Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (sumber: )
Image of page 19
13 Modul Manajemen Mutu Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (sumber: )
Image of page 20
14 Modul Manajemen Mutu Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Secara keilmuan, sejarah manajemen mutu, yang dapat ditelusuri dari berbagai sumber, sebagai berikut: 1) Era Tanpa Mutu (sebelum tahun 1920) Terjadi sebelum tahun 1920, ditandai dengan praktek monopoli, dan kurang atau tidak ada persaingan. Konsumen tidak punya pilihan, dan sangat bergantung pada penyedia produk (barang dan jasa). Mutu tidak diperhatikan, dan harga tergantung penyedia barang/jasa. Ukuran mutu dimaksud adalah kualitas standar untuk produk barang atau jasa yang digunakan masyarakat secara umum seperti perlengkapan rumah tangga, barang elektronik, dan sebagainya. Namun sebenarnya, pada masa-masa lalu sebelum abad 20, banyak juga produk-produk yang berkualitas, seperti gambar-gambar di atas utamanya bangunan-bangunan bersejarah yang sangat berkualitas. Ini berarti mutu atau kualitas sudah dikenal sejak peradaban manusia, hanya saja tidak seperti masa kini dimana pengguna atau konsumen mempunyai banyak pilihan atas produk barang dan jasa yang membuat para penyedia produk harus berkompetisi menghasilkan barang dan jasa yang berkualitas 2) Era Inspeksi (Inspection , 1920-1949) Pada masa ini belum terjadi kompetisi, belum banyak perusahaan, produsen atau pemberi pelayanan, sehingga belum banyak pilihan. Karena itu, posisi pelanggan masih lemah dan belum memiliki kekuatan untuk memilih produk. Namun pada era ini telah dimulai metode pengecekan produk barang yang akan dijual, antara lain dengan cara memisahkan barang cacat dengan yang berkualitas baik. Metode ini dikenal sebagai pengendali mutu tradisional. Tahun 1924, Tahun 1924, Dr. Walter Shewart memperkenalkan Bagan Kendali Control ( Control Chart ) yang bermanfaat untuk mengetahui apakah mutu produk yang dihasilkan berada pada batas yang dikehendaki. Caranya, dengan inspeksi pada sampel barang dan dapat mengurangi
Image of page 21
15 Modul Manajemen Mutu Pelatihan Kepemimpinan Pengawas biaya. Fungsi pengendalian mutu ini mulai dikembangkan di berbagai perusahaan. Kemudian, Walter A. Shewart, H.F.
Image of page 22
Image of page 23

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 115 pages?

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors