Penanaman bibit dilakukan sehari setelah pasterisasi dimana suhu didalam

Penanaman bibit dilakukan sehari setelah pasterisasi

This preview shows page 10 - 12 out of 17 pages.

Penanaman bibit dilakukan sehari setelah pasterisasi, dimana suhu didalam kumbung sudah mencapai kisaran 35-36° C. Bibit diuraikan di dalam kumbung atau tempat steril lainnya, dengan syarat pada saat dibawa bibit tidak terkena sinar matahari langsung, tempat bibit dalam ember yang bersih. Tebarkan bibit secara merata merata ke atas media tanam, dimulai dari rak yang paling atas kemudian disusul rak dibawahnya. Selipkan bibit pada kolong rak bagian pinggir (cukup dua lubang tanam tiap ruas) untuk memaksimalkan media tanam yang tersedia. Lakukan pemeriksaan ulang pada semua media tanam, untuk memastikan bahwa media yang sudah tertanam bibit secara keseluruhan. Tutup rapat semua pintu dan jendela kumbung dan dikuatkan dengan paku serta pertahankan suhu berkisar antara 32-35 o C pada masa pertumbuhan miselium, biarkan kumbung dalam keadaan tertutup selama 3-4 hari. 6) Perawatan a) Penyiraman pertama Pada usia 4 hari setelah tanam, biasanya mesilium jamur merang di dalam kumbung sudah kelihatan berwarna putih seperti sarang laba-laba. Dan pada saat ini perlu dilakukan penyiraman pertama untuk memutus pertumbuhan miselium dan mempercepat pertumbuhan primordia jamur. b) Penyiraman kedua Pada hari ke 8-10 setelah tanam, mulai muncul perintisan bakal buah jamur. Pada saat inilah masa kritis pertumbuhan jamur, saat 10
Image of page 10
Business Plan “Jamur Makmur” pengontrolan suhu pada malam hari pertumbuhan jamur yang baik dapat terlihat dari banyaknya kabut putih di dalam kumbung. Masa-masa kritis ini apabila kita salah dalam melakukan perawatan maka dapat mengurangi hasil penen bahkan gagal panen. Pengawasan suhu terutama dilakukan pada tengah hari dan malam hari, karena pada saat-saat tersebut terjadi kenaikkan suhu yang drastis. Suhu yang dipertahankan pada masa pertumbuhan jamur merang adalah 33- 35 o C dengan kelembaban 90-94% dan introduksikan sinar matahari dengan cara membuka sedikit dinding luar kumbung untuk merangsang pertumbuhan primordia. Untuk penyiraman berikutnya dilakukan berdasarkan kondisi media dalam kumbung, dengan pengontrolan suhu dan kelembaban setiap hari maka apabila kondisi media dalam keadaan kering dapat pula segera terkontrol dan segera melakukan penyiraman. Pada saat musim panas atau musim kemarau penyiaraman bisa dilakukan setiap 2 atau 3 hari sekali, pada bagian dasar atau lantai kumbung juga dapat dilakukan penyiraman untuk menjaga kelembaban kumbung. Kelebihan kelembaban bisa dilihat dengan kasat mata, dimana pada rak pertama dan kedua dari atas bagian samping/ yang berdekatan dengan plastik terlihat adanya tetesan air yang berwarna kecoklatan. Atau bisa dilihat dari daun jendela bagian dalam yang basah. 7) Panen Sepuluh sampai dua belas hari setelah penanaman bibit, biasanya tubuh buah jamur sudah siap dipanen. Pada masa ini buah jamur dalam stadia kancing (Button Stage). Apabila telah lewat dari 15 hari dari masa penanaman bibit jamur merang belum tumbuh, maka sudah dapat dipastikan kegagal panen akan kita alami. Masa panen jamur merang biasanya berkisar antara 10-15 hari, tapi
Image of page 11
Image of page 12

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 17 pages?

  • Spring '17

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors